Sunday, November 27, 2016

Keistimewaan Tari Pendet

Tari Pendet - Bali memiliki Daya tarik Yang Bukan Hanya Dari Wisata alamnya, melainkan also Daya tarik Dari ragam budayanya Yang unik Dan eksotik. Banyak kesenian-kesenian di Bali Yang has mendunia sehingga tak Sedikit orangutan terkagum-Kagum Melihat hal karya seni tersebut.

Salah Satunya Adalah SEBUAH karya seni tari Yang merupakan Ciri Khas Dari SETIAP Kebudayaan. Seni Tari di SETIAP Suka ATAU daerah adalah pastinya memiliki Gerakan Yang BERBEDA-beda Sesuai DENGAN budaya Yang mereka Miliki. Di Bali Sendiri Terdapat Banyak Sekali JENIS Tarian Yang memiliki Gerakan Yang BERBEDA-beda seperti tari rejang, pendet, baris, cendrawasih Dan Yang lainnya.

Ciri Khas Yang dimiliki tari bali Adalah Gerakan bola mata Yang melirik Ke kiri Dan Ke Kanan Yang disebut DENGAN nyeledet. Disetiap tari bali Pasti ditemukan Gerakan nyeledet Penyanyi Baik Oleh penari pria maupun wanita.

Nah Kali Penyanyi, Saya akan menjelaskan TENTANG tari pendet Yang Sering kitd Lihat di Acara-Acara Pertemuan gede. SEBELUM ITU, kitd Perlu tau bagaimana Sejarah Dari tari pendet ITU Sendiri. sejarahnya Berikut:

Sejarah Tari Pendet

Tari Pendet


Seperti Yang dikutip Dari ISI Denpasar, Lahirnya tari pendet berawal dari ritual sakral Odalan di pura Yang disebut DENGAN mamendet ATAU mendet. Mendet dimulai detelah Pendeta mengumandangkan mantra Dan Penghasilan kena pajak pementasan topeng Sidakarya. Tari Penyanyi dipentaskan Beroperasi berpasangan ATAU Beroperasi masal DENGAN membawa perlengkapan sesajen Dan bunga.
Pendet disepakati lahir PADA Tahun 1950. Tarian Pendet Penyanyi Masih Tetap mangandung aura sakral-religius meskipun dipentaskan di SEBUAH Acara non-keagamaan. PADA TAHUN 1961, I Wayan Beratha memodifikasi Tari Pendet Hingga Menjadi Tari Pendet Yang Sering kitd saksikan Sekarang. Beliau also Menambah penari Pendet Menjadi 5 orangutan.
Setahun kemudian, 1962 I Wayan Beratha Dan kawan-kawan menyajikan Tarian Pendet Masal Yang ditarikan Oleh 800 orangutan penari untuk review ditampilkan di Jakarta hearts Acara Pembukaan Asian Games.
Kemudian PADA Tahun 1967, Koreografer Tari Pendet modern I Wayan Rindi mengajarkan Dan melestarikan Tarian pendet ditunjukan kepada penerusnya Generasi-Generasi, selain Pendet, beliau also mengajarkan Dan melestarikan tari bali lainnya ditunjukan kepada keluarganya maupun Lingkungan PENGOPERASIAN keluarganya.
TENTANG Tari Pendet

Tari pendet menceritakan tetang dewi-dewi kahyangan Yang turun-Ke Bumi. Biasanya Taro Pendet Penyanyi dibawakan Beroperasi berkelompok ATAU berpasangan Oleh remaja putri.
Para penari Pendet berbusana layaknya penari Upacara keagamaan. Masing-masing penari akan membawa sesaji Berupa sangku / bokor (Wadah Yang didalamnya Terdapat bunga warna-warni) Yang Nantinya diakhir Tarian akan di taburkan Ke Tamu undangan sebagai SEBUAH simbol penyambutan.
Fungsi Tari Pendet

Tari wali, Sering also disebut tari bali, merupakan Kelompok Tari-Tarian Yang memiliki fungsi fungsi sebagai pengiring Pelaksanaan Upacara. Jadi Tarian Penyanyi Adalah Tarian Yang sakral Dan wajib ADA hearts Upacara keagamaan Yang bersifat gede. Contohnya Adalah Tari Rejang, Tari Sanghyang, Tari Baris Gede Dan Yang lainnya.Di Bali, Seni Tari tradisional di bali Menjadi 3 fungsi fungsi Yang BERBEDA yakni tari wali. tari bebali Dan tari balih-balihan. Perbedaan Diantara ketiganya yakni:
Tari Bebali, Adalah tari Yang memiliki fungsi fungsi sebagai penunjang jalnnya Upacara. Jadi Tarian ini tidak wajib ADA hearts SEBUAH Upacara. Contohnya Adalah: Tari Cendrawasih, Tari Belibis Dan Lain-lain.
Tari Balih-balihan, merupakan Tari Tradisional Yang memiliki fungsi fungsi sebagai Hiburan ATAU tontonan. Tarian Penyanyi biasanya dipentaskan di SEBUAH Acara-Acara non keagamaan. Contohnya Adalah Tari Janger, Joged Dan Lain-lain.

Kembali Ke topik, Tari Pendet MASUK kedalam Kelompok Tari mana?
Tari Pendet mempunyai 2 fungsi fungsi Yaitu sebagai Tari Wali Dan also Tari Balih-balihan. KARENA Memang Tarian Pendet Sering difungsikan sebagai Tarian pengiring Upacara Keagamaan. Namun seiiring Perkembangan zaman, Tarian Pendet Lebih, Sering Lagi di pentaskan hearts Acara-Acara gede yakni sebagai tari penyambutan Tamu-Tamu Penting hearts SEBUAH Acara.
Meskipun Begitu, Tarian Pendet TIDAK Kehilangan kesakralannya Dan Tetap mengandung aura religius Yang Tinggi. Tarian Penyanyi Menjadi SEBUAH warisan Kebudayaan Yang Patut kitd jaga Dan kitd lestarikan agar Nantinya TIDAK ADA Negara berbaring Yang mengakuisisikan Tarian Pendet sebagai warisan budaya mereka.

Dalam Tari Pendet Terdapat doa JENIS tari. Yaitu Tari Pendet sakral Dan Tari Pendet Penyambutan. Tari Pendet sakral biasanya dibawakan Beroperasi berkelompok ATAU berpasangan Oleh para putri. Para penari Pendet berdandan sama seperti penari Upacara keagamaan Yang sakral lainnya, DENGAN memakai pakaian Upacara, masing-masing penari membawa perlengkapan sesajian Persembahan seperti sangku (Wadah udara suci), Kendi, cawan, Dan Yang lainnya. Beroperasi tari Selanjutnya Adalah JENIS Tari Pendet Penyambutan Yang PADA Tahun 1950-an, ketika Soekarno Dan Tamu gatra mengunjungi Bali, Muncul Kebiasaan menyambut mereka di Lapangan Udara DENGAN Acara Tarian Pendet gede-besaran. Lalu, Pimpinan Hotel Bali Pantai mengambil Keputusan untuk review Membuka Acara Tari Legong DENGAN Pendet, sebagai Sambutan untuk review Tamu-tamunya. Namun PADA Waktu ITU also Instansi-Instansi agama Hindu bereaksi keras, KARENA mereka Memandang HAL ITU sebagai PENCEMARAN, Oleh KARENA wisatawan-wisatawan Nampak disetarakan DENGAN para dewa. Sehingga PADA Tahun 1970-an, Seorang maestro Yang Bernama I Wayan Beratha meminta Izin ditunjukan kepada Instansi agama Hindu ITU untuk review creates Suatu kreasi baru Yang diilhami Oleh Pendet, tetapi hearts hd Kebyar. Which are dikenal sebagai Panyembrama, Yaitu Acara penyambutan Tamu hearts bahasa Kawi ATAU 'Tarian Selamat Datang', Dan Tarian baru ITU kini Sudah menggantikan Tarian ritual lama sebagai Pembukaan Pertunjukan Pariwisata. Ciri Khas tari Penyanyi ADA PADA Bagian Akhir Tarian, Yaitu para penari menaburkan bunga-bunga Yang mereka bawa Ke Arah, Penonton ATAU Tamu Yang disambut, sebagai ucapan selamat Datang. Beroperasi Sales manager, Gerakan Tari Pendet Penyanyi Banyak using gerak mata Yang disebut seledet, gerak serbi, gerak kepala, gerak bahu, Dan gerak kesemek. Salah Satu SIKAP Menari disebut agem, Yaitu SIKAP kedua kesemek merengkuh PADA POSISI renggang DENGAN serbi ditekuk. Tari pendet Sempat Menjadi SOROTAN Media Indonesia KARENA Tampil Program hearts Televisi Enigmatic Malaysia Discovery Channel. * Menurut Pemerintah Malaysia, mereka TIDAK bertanggung jawab differences iklan tersebut KARENA Dibuat Oleh Discovery Channel Singapura, kemudian Penemuan TV melayangkan surat permohonan maaf ditunjukan kepada kedua gatra, Dan menyatakan bahwa Jaringan Televisi ITU bertanggung jawab Penuh differences penayangan iklan Program tersebut. Meskipun demikian, Insiden penayangan Program hearts Pendet Televisi Mengenai Malaysia Penyanyi Sempat memicu aksi Anti-Malaysia di Indonesia

Thursday, November 24, 2016

Keindahan Tari Jaipong


Sejarah Kebudayaan Tari Jaipong - Tari Jaipong Adalah seni tari Yang lahir Dari Kreativitas Seorang Seniman asal Bandung, Gugum Gumbira. Beliau terinspirasi PADA kesenian rakyat Yang shalat Satunya Adalah Ketuk Tilu menjadikannya mengetahui Dan Mengenal betul Perbendaharan Pola-Pola gerak tari Tradisi Yang ADA PADA Kliningan ATAU Bajidoran ATAU Ketuk Tilu. Sehingga besarbesaran can be mengembangkan Tarian ATAU kesenian Yang kini di kenal DENGAN nāma Jaipongan.

Sejarah Tari Jaipong

Karya Jaipongan Pertama Yang Mulai dikenal Oleh society Adalah tari "Daun Pulus Keser Bojong" dan "Rendeng Bojong" Yang keduanya merupakan JENIS tari putri Dan tari berpasangan (putra Dan putri). Awal kemunculan Tarian tersebut Semula dianggap sebagai Gerakan Yang erotis Dan vulgar, namun Semakin lama tari Penyanyi Semakin populer Dan Mulai MENINGKAT Frekuensi pertunjukkannya Baik di Media Televisi, hajatan, maupun Perayaan-Perayaan Yang disenggelarakan Oleh Pemerintah ATAU Oleh parties Swasta.


Perkembangan Tari Jaipong

Dari tari Jaipong Penyanyi Mulai lahir beberapa penari Jaipongan Yang handal seperti Tati Saleh, Yeti Mamat, Eli Somali, Dan Pepen Dedi Kirniadi. Kehadiran tari Jaipongan memberikan kontribusi Yang Cukup gede Terhadap para pencinta seni tari untuk review LEBIH Aktif Lagi menggali JENIS rakyat Tarian Yang sebelumnya Kurang di perhatikan. Mencari Google Artikel munculnya tari Jaipongan Penyanyi Mulai Banyak Yang MEMBUAT kursus-Kursus tari Jaipongan, Dan Banyak dimanfaatkan Oleh para Pengusaha untuk review pemikat Tamu undangan.
Di Subang Jaipongan hd "Kaleran" memiliki Ciri Khas yakni keceriaan, erotis, humoris, semangat, spontanitas, Dan kesederhanaan. Hal ITU tercermin hearts Pola penyajian tari PADA pertunjukannya, ADA Yang diberi Pola (Ibing Pola) seperti PADA seni Jaipongan Yang ADA di Bandung, also ADA pula Tarian Yang TIDAK dipola (Ibing Saka), such as inviting participation PADA seni Jaipongan Subang Dan Karawang. Istilah Penyanyi can be kitd temui PADA Jaipongan hd kaleran, terutama di daerah adalah Subang.
Tari Jaipongan PADA Saat Penyanyi can disebut sebagai shalat Satu Tarian Khas Jawa Barat, terlihat PADA Acara-Acara Penting Kedatangan Tamu-Tamu Dari Negara Asing Yang Datang Ke Jawa Barat, Selalu di Sambut DENGAN pertunjukkan tari Jaipongan. Tari Jaipongan Penyanyi Banyak mempengaruhi PADA kesenian-kesenian lainnya Yang ADA di Jawa Barat, baik PADA seni pertunjukkan wayang, degung, genjring Dan lainnya Yang bahkan has dikolaborasikan DENGAN Dangdut modern Oleh Pak Nur Dan Leni Hingga Menjadi kesenian Pong-Dut.

Bentuk Penyajian Dan Ciri Khas

Ciri Khas Jaipongan hd kaleran, yakni keceriaan, erotis, humoris, semangat, spontanitas Dan kesederhanaan (Alami / apa adanya). Hal ITU tercermin hearts Pola penyajian taksi PADA pertunjukkannya, ADA Yang diberi Pola (Ibing Pola) seperti PADA seni Jaipongan Yang ADA di Bandung, also ADA Tarian Yang TIDAK dipola (Ibing Saka), such as inviting participation PADA Seni Jaipongan Subang Dan Karawang. Istilah Penyanyi can be kitd temui PADA Jaipongan hd Kaleran, terutama di daerah adalah Subang. Dalam penyajiannya, Jaipongan hd kaleran Penyanyi sebagai berikut: 1) Tatalu; 2) Kembang Gadung 3) Buah Kawung Gopar; 4) Tari Pembukaan (Ibing Pola), biasanya dibawakan Oleh penari tunggal ATAU Sinde Tatandakan (Seorang Sinden tetapi TIDAK menyanyi melainkan menarikan lagu sinden / juru kawih); 5) Jeblokan Dan Jabanan, merupakan Bagian pertunjukkan ketika para Penonton (Bajidor) sawer Uang (Jabanan) Sambil salam candi. Istilah Jeblokan diartikan sebagai Pasangan Yang Menetap ANTARA sinden Dan Penonton (Bajidor).

Perkembangan Selanjutnya Dari Jaipongan Terjadi PADA Tahun 1980-1990-an, Dimana Gugum Gumbira creates tari lainnya seperti Toka-toka, Setra Sari, Sonteng, Pencug, Kuntul Man gut, Iring-menembak Daun Puring, Rawayan Dan Tari Kawung Anten. Dari taritarian tersebut Muncul beberapa penari Jaipongan Yang handal ANTARA berbaring Iceu Effendi, Yumiati Mandiri, Miming Mintarsih, Nani, Erna, Mira Tejaningrum, Ine Dinar, Ega, Nuni, Cepi, Agah, Aa Suryabrata Dan Asep Safaat.

Kostum tari Jaipong
Kostum Jaipong terdiri dari dua bagian yaitu bawahab dab atasan. Pada kostum tari sunda ini memakai kebaya. Kebaya warna-wrna cerah cocok untuk gerakan jaipong yang dinamis dan energik. Kebaya yang dipilih harus dari kain katun, karena lebih nyaman dipakai . Jangan pakai kain brokat karena akan mengganggu gerakan [penari.
Sedangkan pada bawahan , menggunakan kain /jarit batik motig Cirebonan. Terkadang untuk Jaipong modern, penari menggunakan celana legging dan dipadukan dengan jarit. kostum ini dipengaruhi oleh tiga unsure yakni sunda pada motif batik, betawi pada kebaya dan tionghoa pada corak sanggul.
Pada rambut dihias dengan sanggul ukuran sedang, pada sanggul boleh dihiasi dengan hiasan berupa bunga, kembang pantul.


Monday, November 21, 2016

Kisah Legenda Cinderalass

Raden Putra adalah raja Kerajaan Jenggala. Ia didampingi seorang permaisuri yang baik hati dan seorang selir yang cantik jelita. Tetapi, selir Raja Raden Putra memiliki sifat iri dan dengki terhadap sang permaisuri. Ia merencanakan suatu yang buruk kepada permaisuri. “Seharusnya, akulah yang menjadi permaisuri. Aku harus mencari akal untuk menyingkirkan permaisuri,” pikirnya.

Raden Putra, Raja Jenggala, mempunyai dua orang istri. Keduanya adalah permaisuri dan selir. Selain cantik wajahnya, Sang Permaisuri juga baik budi pekertinya. Sang Selir juga sangat cantik wajahnya. Namun berbeda dengan permaisuri, sang selir buruk kelakuannya.

Dia sangat iri dengan permaisuri. Dia merencanakan untuk menyingkirkan sang permaisuri dari istana kerajaan, agar perhatian dan kasih sayang Raden Putra semata-mata hanya untuknya.

Sang selir bekerja sama dengan tabib istana untuk mewujudkan rencana jahatnya. Dia berpura-pura sakit. Ketika Raden Putra bertanya kepada tabib istana perihal penyebab sakitnya sang selir, tabib istana mengatakan bahwa sakit yang di derita sang selir disebabkan oleh racun.” Racun itu dibubuhkan pada minuman yang diberikan untuk Selir.” Kata Tabib istana.

“Siapa yang tega memberikan minuman beracun untuk selir ku? Tanya Raden Putra.

“Permaisuri Paduka sendirilah yang melakukannya.” Jawab sang Selir.” Tampaknya Permaisuri iri hati pada hamba hingga bermaksud membunuh hamba, agar kasih sayang paduka dan kekuasaan kerajaan jatuh ketangannya.”



Mendengar hasutan dari Selir nya Raden Putra sangat murka. Tanpa berpikir panjang Raden Putra mengusir sang permaisuri dari istana kerajaan, bahkan dia memerintahkan patih kerajaan untuk membunuh permaisuri di hutan.

Sang Permaisuri yang tengah mengandung itu terpaksa menerima perlakuan tidak adil dan jahat yang ditimpakan kepadanya. Walaupun, dia sama sekali tidak melakukan seluruh sangkaan yang ditimpakan kepadanya.

Patih kerajaan Jenggala merupakan orang yang bijaksana, dia merasa jika sang permaisuri tidak bersalah. Menurutnya, sang permaisuri yang baik hati tersebut mustahil meracuni selir. Dia yakin jika sang permaisuri telah terkena fitnah keji dari selir. Oleh karena itu dia tidak membunuhsang permaisuri melainkan membuatkan gubuk ditengah hutan untuk permaisuri tinggal.

Patih jenggala kemudian menangkap kelinci dan menyembelih kelinci itu dengan keris pusaka miliknya, kemudian darah si kelinci dibasuhnya pada selendang milik permaisuri. Katanya kepada sang permaisuri.” Hamba akan menghadap Raden Putra dengan membawa selendang paduka serta keris yang berlumur darah ini. Selendang dan keris ini akan hamba jadikan bukti bahwa hamba telah melaksanakan tugas dari Raden Putra.”



“Terima kasih, Paman Patih.” Ujar sang Permaisuri.

Sepeninggalan Patih kerajaan Jenggala, Sang permaisuri hidup sendirian di dalam hutan belantara. Seiring berjalannya waktu, kian membesar kandungannya. Dia pun melahirkan sendirian didalam hutan belantara itu. Bayi yang lahir laki-laki dan diberi nama Cindelaras.

ayam jago cindelaras tumbuh menjadi ayam jago yang kuat seperti rajawali
ayam jago cindelaras tumbuh menjadi ayam jago yang kuat seperti rajawali
Cindelaras tumbuh menjadi anak lelaki yang kuat tubuhnya dan tampan wajahnya. Sejak kecil ibunya yang memiliki pengetahuan tinggi karena merupakan permaisuri raja, mengajarkannya tentang berbagai ilmu pengetahuan dan budi pekerti. Selain itu Cindelaras sejak kecil bergaul dengan aneka hewan yang berada di hutan belantara tersebut. Hewan-hewan itu senang berada bersama dengan Cindelaras dan mereka menuruti setiap perintah dari Cindelaras.



Pada suatu hari ketika Cindelaras tengah bermain, seekor burung rajawali menjatuhkan sebutir telur di dekat Cindelaras. Cindelaras lantas mengeramkan telur rajawali itu pada ayam hutan betina yang menjadi sahabatnya. Tiga minggu kemudian telur itu menetas menjadi ayam namun memiliki mata tajam dan perawakan yang kuat seperti rajawali.

Cindelaras merawat ayam itu dengan baik hingga menjadi ayam jago yang hebat dan kuat. Tubuh ayam itu terlihat kuat lagi kekar, paruhnya kokoh dan runcing seperti paruh burung rajawali. Kedua kakinya kekar berotot dan memiliki kuku yang runcing tajam seperti kuku rajawali. Suara kokoknya terdengar aneh dan mengherankan.” Kukuruyuk ... Tuanku Cindelaras, rumahnya di tengah hutan belantara, atapnya daun kelapa, ayahnya raden putra raja jenggala.”

Awalnya Cindelaras sangat heran mendengar kokok ayam jantannya yang aneh. Dia lantas bertanya kepada ibunya perihal kokok ayamnya yang unik. Permaisuri pun menjelaskan siapa sebenarnya mereka. Cindelaras kini tahu bahwa dia merupakan darah daging Raden Putra yang merupakan raja Jenggala. Dia juga tahu penyebab ibu dan dirinya diusir dari istana raja. Dalam hatinya muncul niat Cindelaras untuk membuka keburukan selir yang merupakan ibu tirinya.


  Cindelaras menghadap raja raden putra
Cindelaras menghadap raja raden putra
Dengan izin dan restu ibunya Cindelaras berangkat menuju istana kerajaan Jenggala. Ayam jago kesayangannya dibawanya pula. Dalam perjalanannya, Cinderalas bertemu dengan orang-orang yang sedang mengadu ayam atau lebih dikenal dengan sabung ayam. Ketika mereka melihat Cindelaras membawa ayam jago, mereka pun menantang untuk mengadu.

“Aku tidak mempunyai taruhan.” Ucap Cindelaras.

“Taruhanmu adalah dirimu,” jawab salah seorang penyabung.” Jika ayam jagomu kalah engkau harus bekerja dan mengabdi kepadaku tanpa mendapatkan upah. Sedangkan jika jagomu menang maka aku akan memberikan uang emas ini untukmu.” Si penyabung mengacungkan kantong kain yang berisi uang emas.

Cindelaras awalnya ragu namun ayam jagonya terus meronta-ronta seperti memintanya untuk menerima tantangan itu. Cindelaras akhirnya setuju.

Kedua ayam jago lantas di adu. Hanya dalam beberapa gebrakan saja ayam jago Cindelaras telah dapat mengalahkan musuh-musuhnya. Ayam-ayam jago lainnya yang diadu dengan ayam jago milik Cindelaras pun bertumbangan. Rata-rata mereka hanya sanggup beberapa gebrakan saja sebelum akhirnya terkeok-keok melarikan diri.

Cindelaras sangat banyak mendapatkan uang dan juga perhiasan karena kemenangan ayam jagonya itu. Para penyabung ayam benar-benar terperangah mendapati keperkasaan ayam jago Cindelaras. Berita perihal kehebatan ayam jago Cindelaras pun segera menyebar. Banyak penyabung dari berbagai daerah menemui Cindelaras untuk mengadu ayam. Namun ayam jago Cindelaras benar-benar luar biasa, semua bisa dikalahkan dalam beberapa gebrakan pertarungan saja.

ayam raden putra terkeok-keok melarikan diri dari ayam cinde laras
ayam raden putra terkeok-keok melarikan diri dari ayam cinde laras
“Tampaknya hanya ayam jago milik Gusti Prabu Raden Putra saja yang dapat menandingi ayam jago milik anak ini.” Kata salah seorang penyabung.” Sama halnya dengan ayam jago milik anak ini, ayam jago milik gusti prabupun tidak pernah terkalahkan. Pertarungan kedua ayam ini pasti sangat seru.”

Raden Putra akhirnya mendengar kehebatan ayam jago milik Cindelaras. Sang raja sangat penasaran dengan berita yang akhir-akhir ini didengarnya. Dia benar-benar ingin mencoba mengadukan ayam jago miliknya dengan ayam jago milik Cindelaras yang konon katanya tidak pernah terkalahkan. Untuk mewujudkan keinginannya itu, dia meminta prajurit istana mencari dan memanggil Cindelaras.

Cindelaras datang dan langsung menghadap Raden Putra. Meski dia mengetahui sosok dihadapannya adalah ayah kandungnya, namun Cindelaras bersikap seperti rakyat biasa menghadap Raja. Dia duduk bersila setelah menghaturkan sembah. Ayam jagonya ikut bersila disampingnya. Sangat mengherankan, selama Cindelaras menghadap Prabu Raden Putra, ayam jago itu tidak berkokok sedikitpun.

“ Namamu Cindelaras?” Tanya Prabu Raden Putra.

“ Benar, gusti prabu.”

“ Kudengar engkau memiliki ayam jago yang hebat. Apakah engkau berani mengadu ayam jagomu dengan ayam jago milikku?”

“Hamba siap, Gusti Prabu.”

“ Apa taruhanmu?”

Cindelaras sejenak berpikir sebelum akhirnya memberikan jawabannya.” Hamba hanya memiliki selembar nyawa. Jika ayam jago hamba kalah, maka hamba serahkan nyawa hamba kepada Gusti Prabu. Namun jika ayam jago hamba menang, maka hamba meminta separuh dari kerajaan Jenggala.”

“ Baik.” Raden Putra menyatakan kesediannya.” Bersiap-siaplah untuk menyerahkan nyawamu. Lehermu akan dipenggal algojo kerajaan setelah ayam jagomu kalah.”

Alun-alun istana segera disiapkan untuk menjadi arena pertarungan dua jago milik Cindelaras dan Raden Putra. Berduyun-duyun orang datang ke alun-alun untuk menyaksikan peristiwa yang sangat langka itu. Beberapa petaruh juga turut meramaikan acara itu, sebagian menjagokan ayam milik Cindelaras dan sebagian lagi menjagokan ayam milik Raden Putra.

Ketika telah dihadapkan, jago milik Cindelaras kalah besar dan kalah kekar jika dibandingkan dengan jago milik Raden Putra. Namun jago Cindelaras tidak menunjukan ketakutannya, bahkan sepertinya sudah tidak sabar ingin bertarung. Maka dengan iringan sorak sorai penonton, kedua ayam jago itupun memulai pertarungannya.

Semangat bertarung ayam jago Cindelaras sangat besar. Tendangan kaki dan patukan paruhnya begitu kuat bertenaga hingga ayam jago milik Raden Putra terlihat kewalahan. Ayam jago milik Cindelaras juga sangat cerdik lagi piawai dalam menghindari serangan-serangan dari ayam jago milik Raden Putra. Pertarungan berlangsung cukup lama, namun semakin lama terlihat bahwa ayam jago milik Cindelaras makin menguasai keadaan. Beberapa saat kemudian ayam jago milik Raden Putra tidak mampu lagi menahan serangan-serangan dari ayam jago Cindelaras. Dia berkeok-keok melarikan diri dari arena pertarungan tanda menyerah kalah. Sebagian penonton yang menjagokan ayam jago Cindelaras bersorak sorai gembira.

Raden Putra sangat terkejut melihat ayam jago kesayangannya terseok-seok kabur dari medan pertarungan. Janji taruhan yaitu membagi separuh wilayah kekuasaannya untuk Cindelaras dipenuhinya.

Setelah pertarungan selesai dan Raden Putra berkata bahwa sebagian wilayah kerajaan Jenggala kini milik Cindelaras, tiba-tiba ayam jago milik Cindelaras berkokok keras..” Kukuruyuk ... Tuanku Cindelaras, rumahnya di tengah hutan belantara, atapnya daun kelapa, ayahnya raden putra raja jenggala.”

Raden Putra sangat terkejut mendengar kokok ayam Cindelaras yang aneh. Diperhatikannya baik-baik Cindelaras yang tetap berdiri dengan sikap hormat dan gagah.” Cindelaras benarkah apa yang dikatakan ayam jagomu itu.” Tanya Raden Putra.

“ Benar gusti prabu. Hamba adalah putra gusti prabu, ibu hamba adalah permaisuri gusti prabu yang saat ini tinggal di hutan.”

Raden Putra terlihat bingung. Menurutnya permaisurinya telah meninggal dunia ditangan patih yang mengamban titahnya. Melihat rajanya terlihat bingung, patih jenggala segera maju kedepan menghampiri sang raja. Patih Jenggala kemudian menjelaskan perihal kejadian yang sesungguhnya, bagaimana dia tidak jadi membunuh sang permaisuri karena mengetahui bahwa permaisuri tidak bersalah melainkan korban fitnah dari orang lain.

“ Fitnah? Fintah siapa?” Tanya sang Raja.

“ Fitnah dari selir sri baginda yang bekerjasama dengan tabib istana.” Jawab Patih Jenggala.

Sang Selir dan Tabib istana segera dipanggil oleh Raja Raden Putra. Keduanya tidak dapat mengelak setelah persidangan memberikan bukti-bukti kejahatan mereka. Sang Raden Putra memberi hukuman berat kepada keduanya yaitu di asingkan didalam hutan.

Akhirnya kebenaran terungkap. Sang Raja Raden Putra langsung memeluk Cindelaras seraya meminta maaf. Raja Jenggala itu segera memerintahkan para pengawalnya untuk menjemput permaisuri.

Sang Permaisuri kembali ke istana dengan segala kehormatannya. Dia hidup bahagia bersama suami dan anaknya Cindelaras.

Wednesday, November 16, 2016

Wisata Hutan Pinus Imogiri

Saat ini Hutan Pinus Imogiri memang semakin populer sebagai salah satu lokasi hunting foto dan bahkan prewedding. Deretan hutan pinus yang tumbuh teratur menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain wisata alam Kalibiru di Kulonprogo, hutan pinus ini merupakan salah satu rekomendasi wisata alam di Jogja yang perlu dikunjungi. Hutan ini letaknya berdekatan dengan Kebun Buah Mangunan Imogiri dan Kawasan wisata Puncak Becici, maka jangan heran jika para wisatawan menyebut bahwa kedua tempat wisata ini satu paket yang harus dikunjungi ketika ke Jogja.
Hutan Pinus Imogiri

Jika Anda pernah menonton film Twilight pastinya Anda sudah memiliki gambaran tentang tempat wisata ini. Pasalnya, hutan pinus ini memiliki pemandangan yang hampir sama seperti di salah satu tempat pengambilan gambar film Twilight tersebut. Waktu terbaik mengunjungi hutan pinus ini adalah pada pagi hari. Selain dapat merasakan hawa sejuk, ketika pagi hari pemandangan alam yang ada di sana sangatlah memukau dan indah.

Keindahan dan keunikan dari hutan pinus inilah yang membuat hutan pinus Bantul ini merupakan tempat hunting foto menarik di Jogja paling populer. Tak hanya digunakan untuk hunting foto, bahkan brand terkenal dan beberapa stasiun televisi menjadikan hutan pinus ini sebagai lokasi syuting.

Akses menuju ke Hutan Pinus Imogiri

Tempat wisata di Jogja ini terletak di desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Ketika Anda dari Jogja dan melewati ring road selatan dari arah gamping Anda harus mengikuti petunjuk jalan menuju ke arah Parangtritis menuju ke Kecamatan Dlingo. Setelah itu ikuti papan petunjuk ke arah Kebun Buah Mangunan. Ketika sudah sampai ke Kebun Buah tersebut lurus lagi sekitar 1 km mengikuti jalan yang beraspal halus. Jika jalan yang Anda tempuh benar maka Anda akan menemukan jalan yang menanjak. Mengingat aksesnya cukup sulit sebaiknya Anda berhati-hati dalam berkendara agar tidak terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Jam buka dan harga tiket masuk ke Hutan Pinus

Tidak seperti tempat wisata lainnya, di tempat wisata ini tidak ada jam buka. Sehingga para pengunjung bebas mau mengunjungi wisata ini. Tak hanya itu saja, untuk bisa masuk ke hutan pinus Mangunan ini pun gratis tidak dipungut biaya. Karena memang belum ada loket masukknya. Akan tetapi Anda tetap harus membayar biaya parkir kendaraan, yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 4.000 untuk kendaraan roda empat.



Tips berwisata ke Hutan Pinus

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Para wisatawan tidak boleh membuang sampah sembarangan di kawasan hutan pinus ini. Hal ini berguna agar tempat wisata ini tetap terjaga keindahan dan keasriannya.
Bagi Anda yang merokok sebaiknya berhati-hati dalam membuang puntung rokok ataupun batang korek api. Karena jika lalai dalam mematikannya dapat memicu terjadinya kebakaran hutan. Dan alangkah baiknya ketika mengunjungi wisata ini Anda tidak merokok.
Ketika berwisata ke sini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Karena kawasan ini tidak dilewati oleh kendaraan umum, seperti angkot dan lainnya.
Tips berwisata ke hutan pinus Imogiri selanjutnya adalah bawalah bekal makanan ataupun minuman dari rumah. Karena di tempat wisata ini belum banyak warung yang menjajakan makanan ataupun minuman. Hanya saja jika beruntung Anda bisa menemui penjual makanan ringan seperti cilok dan siomay. Namun penjual tersebut pun tidak setiap saat ada.
kawasan wisata puncak becici

Menikmati Keindahan Alam Puncak Becici

Setelah puas menikmati keindahan pemandangan di hutan pinus Imogiri, Bantul tersebut tak ada salahnya Anda melanjutkan perjalanan ke tempat menarik lainnya yaitu ke wisata Puncak Becici. Dari hutan pinus Mangunan Anda harus berjalanan lusrus hingga bertemu pertigaan. Di pertigaan tersebut sudah terdapat papan petunjuk yang akan membawa Anda menuju ke kawasan wisata Puncak Becici.

Sesampainya di kawasan wisata tersebut Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah lengkap dengan udara yang sejuk dan aroma khas hutan pinus. Jika cuaca sedang cerah Anda bisa melihat Gunung Merapi dan Gunung Sindoro. Waktu terbaik mengunjungi Puncak Becici adalah pada pagi ataupun sore hari. Di wisata ini Anda pun dapat menemui rumah pohon yang sama seperti di Kalibiru, Kulonprogo.

Kawasan Wisata Puncak Becici sendiri dikelola oleh warga setempat secara swadaya. Mengingat kawasan ini merupakan kawasan Hutan Lindung, maka fasilitas yang dibuat oleh pengelola pun cukup sederhana. Meskipun begitu, keterbatasan fasilitas tidak membuat Puncak Becici ini sepi pengunjung.

Nah bagi Anda yang berencana mengunjungi tempat wisata di Jogja yang satu ini pastikan Anda selalu menjaga kebersihan, tidak bermain api, tidak merusak pohon dan hal lainnya yang merugikan.



hutan pinus imogiri, hutan pinus jogja, hutan pinus, hutan pinus mangunan, hutan pinus bantul, Hutan Pinus Dlingo Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, Hutan Pinus Dlingo Mangunan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, hutan pinus imogiri bantul, hutan pinus dlingo, hutan, hutan pinus yogyakarta, wisata hutan pinus, wisata hutan pinus imogiri, wisata hutan pinus jogja
Alamat Hutan Pinus Imogiri Lengkap dengan Rute Perjalanannya

Hutan Pinus Imogiri - Apakah Anda sedang mencari alamat Hutan Pinus Imogiri secara lengkap? Jika Anda berwisata ke Yogyakarta, tempat wisata yang satu ini memang harus Anda kunjungi. Tempat wisata ini menyajikan ribuan pohon pinus yang berdiri tegak dan tampak rapi. Tempat wisata yang satu ini juga menawarkan udara yang sangat sejuk dengan kondisi yang begitu asri. Banyak wisatawan yang tidak melewatkan kunjungannya ke hutan pinus di Imogiri jika berkunjung ke Yogyakarta. Suasananya begitu asri, udaranya sejuk dan lingkungannya yang hening menjadi daya tariknya.

Tempat Wisata Hutan Pinus Imogiri ini banyak dikunjungi sebagai tempat wisata favorit di Yogyakarta. Tidak hanya sebagai tempat wisata saja, tetapi tempat ini sering dijadikan sebagai tempat untuk foto prewedding. Hutan pinus di Imogiri ini memang dapat dijadikan sebagai tempat menawan berbagai momen berharga. Untuk alamat Hutan Pinus Imogiri sendiri sebenarnya sesuai dengan nama yang diberikan yaitu terletak di Imogiri, Yogyakarta. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Terminal Giwangan Yogyakarta. Hanya saja, Anda perlu melewati rute perjalanan yang cukup menantang.
alamat hutan pinus imogiri bantul, hutan pinus imogiri map, hutan pinus sentul, peta hutan pinus imogiri bantul, rute hutan pinus imogiri dari klaten, rute jalan ke hutan pinus imogiri,
Baca Juga : Tempat Wisata Bukit Moko Bandung
Hutan pinus ini terletak tidak jauh dari tempat wisata yang tidak kalah terkenal lainnya, yaitu kebun buah Mangunan. Jadi, bagi Anda yang ingin mengunjungi hutan pinus, kunjungi pula kebun buah Mangunan. Hal ini dapat menjadi paket wisata lengkap yang asyik dan juga menyenangkan jika Anda berkunjung ke Yogyakarta. Jika Anda sudah menemukan alamat Hutan Pinus Imogiri, segeralah kunjungi tempat wisata yang satu ini. Tempat wisata ini tidak hanya menawarkan keindahan dan kenyamanan tetapi juga keunikan. Jika Anda memperhatikan tanahnya, warnanya tampak cokelat dan pohon-pohonnya sangatlah tinggi.


 



Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata yang satu ini, Anda dapat mengunjunginya di pagi hari. Di tempat ini tidak ada jam buka, namun tempat parkir akan mulai ramai dari pagi hari. Untuk parkirnya sangatlah murah, yaitu sebesar 2 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil. Tidak sulit untuk menemukan alamat Hutan Pinus Imogiri, tempat wisata ini selalu ramai didatangi pengunjung. Sebaiknya Anda berkunjung ke hutan pinus di Imogiri ini jika cuacanya mendukung, tidak hujan. Jika musim penghujan, Anda perlu berhati-hati untuk menjangkau tempat ini.


 Jalan menuju ke hutan pinus cukup curam, sebaiknya berhati-hati terutama jika menggunakan sepeda motor. Letak Hutan Pinus Imogiri yaitu di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DIY. Untuk sampai ke hutan pinus, Anda dapat mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Parangtritis jika dari Ringroad Selatan. Atau jika dapat mengambil rute dari Terminal Giwangan kemudian menuju Jalan Imogiri Timur. Anda akan menemukan pertigaan Imogiri, belok ke arah Makam Raja Imogiri lalu menuju Mangunan dan menuju hutan pinus Mangunan. Itulah alamat Hutan Pinus Imogiri di Yogyakarta, semoga ulasan ini dapat bermanfaat.

Monday, November 14, 2016

Keindahan Rumah Adat Jawa

Jawa Tengah merupakan shalat Satu provinsi Penting di Pulau Jawa. Selain KARENA hiruk-pikuk ekonominya, Provinsi Penyanyi also tersohor KARENA Unsur kebudayaannya Yang Masih Terjaga. Salah Satu warisan leluhur Yang Menjadi Daya PIKAT provinsi Penyanyi Adalah Joglo. Apa Joglo ITU? Hakekatnya Joglo Adalah sebutan Bagi rumah adat Jawa Tengah. Bangunan Penyanyi menarik dikaji, baik ITU Dari Segi historis maupun arsitekturnya Yang sarat DENGAN Nilai Filosofis Khas Jawa.

Joglo Dan Unsur Pembangunnya

Sangat menarik untuk review mengkaji rumah adat Jawa Tengah Penyanyi sebab kitd Beroperasi Langsung akan bersinggungan DENGAN Nilai-Nilai luhur. Jadi, Joglo Bukan Sekedar Hunian. Lebih Dari ITU, besarbesaran Adalah simbol. Simak Saja Kerangka rumahnya Yang Berupa soko guru. JIKA diamati, ADA empat dalam pilar Utama Yang Menjadi penyangga Utama rumah. Tiang Utama Penyanyi masing-masing mewakili Arakh angin, barat-utara-selatan-timur. Lebih, detil Lagi, di hearts soko guru Terdapat APA Yang dikenal DENGAN tumpangsari Yang disusun DENGAN Pola Yang Terbalik Dari soko guru.

JIKA Bagian-bagiannya dibedah, Maka rumah adat Jawa Tengah Penyanyi terdiri differences beberapa Bagian yakni pendhopo, pringgitan Dan also omah ndalem / omah njero. Yang revoked DENGAN Pendhopo Adalah Bagian Joglo Yang Lazim Dipakai untuk review menjamu tetamu. SEMENTARA ITU, Pringgitan Sendiri merupakan Bagian Dari Ruang Tengah Yang Sales manager Dipakai MENERIMA Tamu Yang Lebih Dekat. SEMENTARA ITU, Yang dikenal DENGAN Istilah Omah Ndalem ATAU Omah Njero Adalah Ruang Dimana Keluarga bisanya bercengkrama. Ruang Keluarga Penyanyi pun dibagi Lagi Ke hearts beberapa ruangan (KAMAR / senthong), yakni senthong Tengah, Kanan Dan also kiri.

Tak Hanya pembagian ruangan, beberapa fitur Joglo also melambangkan Nilai Filosofis Yang hearts. Sebut Saja Bagian Pintu rumah Joglo Yang berjumlah Tiga. Pintu Utama di Tengah, Dan Pintu lainnya ADA di kedua Sisi (Kanan Dan kiri) rumah.Tata letak Pintu ini tidak sembarangan. Ia melambangkan kupu-kupu Yang sedang Berkembang Dan Berjuang di hearts SEBUAH Keluarga Besar.

Selain ITU, di hearts Joglo also dikenal SEBUAH ruangan KHUSUS Yang diberi nama di Gedongan. Ia berperan sebagai Tempat Perlindungan, Tempat kepala keluarga Mencari ketangan batin, Tempat Beribadah Dan Masih Banyak Lagi activities sakral lainnya. Di beberapa rumah Joglo, Gedongan biasa digunakan multirangkap sebagai Ruang Istirahat ATAU Tidur. Di berbaring Waktu, besarbesaran also can dialihfungsikan sebagai KAMAR pengantin Yang baru Saja Menikah.

Simbol Status Sosial

Sama seperti rumah adat di daerah adalah lainnya, Joglo also can dijadikan Acuan untuk review menakar Status sosial Seseorang. Meski Diakui sebagai rumah adat Jawa Tengah, TAPI TIDAK SEMUA rakyat ATAU 'masyarakat Jawa Tengah memiliki rumah Penyanyi. Mengapa? Sebab meski tampilannya Cukup sederhana, namun kerumitan Bahan baku Serta Pembuatan menjadikan Proses Pembangunan Joglo memakan mencakup biaya also Waktu Yang Melimpah. PT KARYA CIPTA PUTRA, Hanya Kalangan priyayi Dan bangsawan Yang memiliki rumah apin Penyanyi. Kini, mereka Yang Bukan bangsawan TAPI berduit can Saja Membangun rumah elegan Dan Klasik tersebut.

Joglo sebagai rumah tradisional dikenal memiliki desain Yang TIDAK sembarangan. Desain also Struktur Penyanyi kemudian mengerucut PADA pembagian rumah Joglo ITU Sendiri, ANTARA berbaring:
Rumah Joglo Pangrawit.
Rumah Joglo Jompongan.
Rumah Joglo Limasan lawakan.
Rumah Joglo Semar Tinandhu.
Rumah Joglo Mangkurat.
Rumah Joglo Sinom.
RUmah Joglo Hageng.

Oleh karena cita rasa seni yang tinggi tercermin dari rumah adat Jawa Tengah tersebut, tidak heran jika ia menjadi salah satu aset budaya yang wajib untuk dilestarikan dari generasi yang satu hingga generasi selanjutnya.
Ilmu yang mempelajari seni bangunan oleh masyarakat Jawa biasa disebut Ilmu Kalang atau disebut juga Wong Kalang
Berdasarkan sejarah panjang tanah Jawa, bentuk rumah tinggal orang jawa dapat dikategorikan menjadi 5 macam, ini untuk arsitektur tradisonal yaitu:
*bentuk Panggangpe = bangunan hanya dengan atap sebelah sisi.
*bentuk Kampung = bangunan dengan atap 2 belah sisi, sebuah bubungan di tengah saja.
*bentuk Limasan = bangunan dengan atap 4 belah sisi, sebuah bubungan di tengahnya.
*bentuk Joglo atau Tikelan = bangunan dengan Soko Guru dan atap 4 belah sisi, sebuah bubungan di tengahnya.
*Tajug = bangunan dengan Soko Guru atap 4 belah sisi, tanpa bubungan, jadi meruncing.
Dibanding bentuk lainnya, rumah joglo lebih familier untuk masyarakat pada umumnya.
dari 5 macam kategori tersebut berfungsi untuk membedakan bentuk, ukuran dan fungsi dari bangunan tersebut.
Jadi tidak mungkin orang jawa membangun rumah tinggalnya berbentuk Tajug, karena bentuk Tajug hanya digunakan untuk bangunan yang disucikan semisal bangunan Masjid, tahtah Raja atau Makam orang yang disucikan.
Untuk penerapan bentuk bangunan rumah tradisional Jawa tengah secara lengkap dapat di lihat dari:
Pintu gerbang biasa menggunakan bentuk kampung
Tempat tinggal atau biasa disebut pendopo menggunakan bentuk joglo
Pringgitan berbentuk limasan
Di daerah bagian pesisir bentuk rumah mengalami modifikasi sedikit dengan penggunaan kaki atau rumah yang tidak menempel tanah alias mempunyai kolong, ini diperuntukkan untuk jaga-jaga jika laut pasang atau banjir.

soko-guru-joglo

Friday, November 11, 2016

Kebudayaan Sintren

Sintren (ATAU also dikenal DENGAN Lais) adalan kesenian tari tradisional 'masyarakat Jawa, khususnya di Cirebon. Kesenian Penyanyi Terkenal di Pesisir Utara Jawa Barat Dan Jawa Tengah, ANTARA berbaring di Indramayu, Cirebon, Majalengka, Jatibarang, Brebes, Pemalang, Tegal, Banyumas, Kuningan, Dan Pekalongan. Kesenian Sintren dikenal sebagai Tarian DENGAN aroma mistis / magis Yang bersumber Dari Cerita Cinta kasih Sulasih DENGAN Sulandono.


Kesenian Sintren berasal Dari kisah Sulandono sebagai putra Ki Bahurekso Bupati Kendal Yang Pertama hasil temuan perkawinannya DENGAN Dewi Rantamsari Yang dijuluki Dewi Lanjar. Raden Sulandono memadu kasih DENGAN Sulasih Seorang putri Dari Desa Kalisalak, namun Hubungan asmara tersebut TIDAK mendapat restu Dari Ki Bahurekso, akhirnya R. Sulandono Pergi bertapa Dan Sulasih memilih Menjadi penari. Meskipun demikian Pertemuan di ANTARA keduanya Masih Terus berlangsung through alam gaib.

Pertemuan tersebut diatur Oleh Dewi Rantamsari Yang memasukkan roh bidadari Ke Tubuh Sulasih, PADA Saat ITU pula R. Sulandono Yang sedang bertapa dipanggil Oleh roh ibunya untuk review menemui Sulasih Dan terjadilah Pertemuan di ANTARA Sulasih Dan R. Sulandono. Sejak Saat itulah SETIAP diadakan Pertunjukan sintren sang penari Pasti dimasuki roh bidadari Oleh pawangnya, DENGAN Catatan bahwa HAL tersebut dilakukan apabila sang penari Masih hearts keadaan suci (perawan). sintren jg mempunyai keunikan tersendiri Yaitu terlihat Dari panggung alat-alat musiknya Yang Terbuat Dari Tembikar ATAU Gembyung Dan kipas Dari bambu Yang ketika ditabuh DENGAN Cara Tertentu menimbulkan Suara yg Khas.



Sintren
Sintren diperankan Seorang gadis Yang Masih suci, dibantu Oleh pawang DENGAN diiringi gending 6 orang-orang. Gadis tersebut dimasukkan Ke hearts kurungan ayam Yang berselebung kain. Pawang / dalang kemudian Berjalan memutari kurungan ayam ITU sembari merapalkan mantra memanggil ruh Dewi Lanjar. JIKA pemanggilan ruh Dewi Lanjar BERHASIL, Maka ketika kurungan Dibuka, menyanyikan gadis tersebut Sudah terlepas Dari Ikatan Dan berdandan cantik, Lalu Menari diiringi gending.

KESENIAN SINTREN, LESTARIKAN ATAU TIDAK?

Siapa yang tidak bangga terhadap kesenian tari Indonesia yang begitu banyak. Dari sekian banyak Negara yang ada di dunia, Indonesialah yang memiliki kesenian tari yang sangat beragam. Mulai dari Sabang hingga Merauke, setiap suku memiliki seni tari  yang berbeda, mereka memiliki seni tari khas daerah mereka sendiri. Di Indonesia, terdapat lebih dari 3000 tarian asli Indonesia. Akan tetapi, saat ini banyak seni tari yang dimiliki Indonesia, tidak terwarisi dengan baik dari generasi ke generasi berikutnya. Perubahan dan perkembangan zaman, hampir mengikis keberadaan banyak seni tari yang ada. Salah satu seni tari yang sudah hampir punah adalah kesenian sintren.

Dari segi asal usul bahasa atau etimologi, “sintren” merupakan gabungan dua suku kata “Si” dan “tren”. Si dalam bahasa Jawa berarti “ia” atau “dia” dan “tren” berarti “tri” atau panggilan dari kata “putri” (Sugiarto, 1989:15). Sehingga Sintren adalah ” Si putri” yang menjadi objek pemeran utama dalam pertunjukan kesenian sintren ini.

Sintren merupakan tari tradisional yang berasal dari pesisir utara pantai Jawa Barat dan Jawa Tengah. Daerah persebaran kesenian ini diantaranya di Indramayu, Cirebon, Majalengka, Jati Barang, Brebes, Pemalang, Banyumas dan Pekalongan. Sintren dikenal juga dengan nama lain yaitu lais. Kesenian sintren ini sebenarnya merupakan tarian mistis, karena di dalam ritualnya mulai dari permulaan hingga akhir pertunjukan banyak ritual magis untuk memanggil roh atau dewa, agar kesenian ini semakin memiliki sensasi seni yang kuat dan unik.

Asal mula munculnya kesenian ini, tidak terlepas dari sebuah cerita yang melatar belakangi kesenian ini. Namun, ada dua versi berbeda yang menceritakan asal mula sintren. Versi yang pertama, menceritakan tentang kisah percintaan Ki Joko Bahu (Bahurekso) dengan Rantamsari, yang tidak disetujui oleh Sultan Agung Raja Mataram. Untuk memisahkan cinta keduanya, Sultan Agung memerintahkan Bahurekso menyerang VOC di Batavia. Bahurekso melaksanakan titah Raja berangkat ke Batavia dengan menggunakan perahu Kaladita (Kala-Adi-Duta). Saat berpisah dengan Rantamsari itulah, Bahurekso memberikan sapu tangan sebagai tanda cinta.

Tak lama terdengar kabar bahwa Bahurekso gugur dalam medan peperangan, sehingga Rantamsari begitu sedih mendengar orang yang dicintai dan dikasihi sudah mati. Terdorong rasa cintanya yang begitu besar dan tulus, maka Rantamsari berusaha melacak jejak gugurnya Bahurekso. Melalui perjalan sepanjang wilayah pantai utara Rantamsari menyamar menjadi seorang penari sintren dengan nama Dewi Sulasih. Dengan bantuan sapu tangan pemberian Ki Bahurekso akhirnya Dewi Rantamsari dapat bertemu Ki Bahurekso yang sebenarnya masih hidup.

Karena kegagalan Bahurekso menyerang Batavia dan pasukannya banyak yang gugur, maka Bahurekso tidak berani kembali ke Mataram, melainkan pulang ke Pekalongan bersama Dewi Rantamsari dengan maksud melanjutkan pertapaannya untuk menambah kesaktian dan kekuatannya guna menyerang Batavia lain waktu. Sejak itu Dewi Rantamsari dapat hidup bersama dengan Ki Bahurekso hingga akhir hayatnya.
Versi yang kedua menceritakan tentang Sulasih dan R. Sulandono seorang putra Bupati di Mataram Joko Bahu atau dikenal dengan nama Bahurekso dan Rr. Rantamsari. Percintaan Sulasih dan R. Sulandono tidak direstui oleh orang tua R. Sulandono. Sehingga R. Sulandono diperintahkan ibundanya untuk bertapa dan diberikan selembar kain (“sapu tangan”) sebagai sarana kelak untuk bertemu dengan Sulasih setelah masa bertapanya selesai. Sedangkan Sulasih diperintahkan untuk menjadi penari pada setiap acara bersih desa diadakan sebagai syarat dapat bertemu R. Sulandono.

Tepat pada saat bulan purnama diadakan upacara bersih desa diadakan berbagai pertunjukan rakyat, pada saat itulah Sulasih menari sebagai bagian pertunjukan, dan R. Sulandono turun dari pertapaannya secara sembunyi-sembunyi dengan membawa sapu tangan pemberian ibunya. Sulasih yang menari kemudian dimasuki kekuatan spirit Rr. Rantamsari sehingga mengalami “trance” dan saat itu pula R. Sulandono melemparkan sapu tangannya sehingga Sulasih pingsan. Saat sulasih “trance/kemasukan roh halus/kesurupan” ini yang disebut “Sintren”, dan pada saat R. Sulandono melempar sapu tangannya disebut sebagai “balangan”. Dengan ilmu yang dimiliki R. Sulandono maka Sulasih akhirnya dapat dibawa kabur dan keduanya dapat mewujudkan cita-citanya untuk bersatu dalam mahligai perkawinan.

Untuk menjadi seorang sintren, persyaratan yang utama adalah penari diharuskan masih gadis dan perawan. Hal ini dikarenakan seorang sintren harus dalam keadaan suci dan  penari sintren merupakan “bidadari” dalam pertunjukan. Bahkan sebelum menjadi seorang sintren sang gadis diharuskan berpuasa terlebih dahulu, hal ini dimaksudkan agar tubuh si gadis tetap dalam keadaan suci. Karena dengan berpuasa otomatis si gadis akan menjaga pola makannya, selain itu dia akan menjaga tingkah lakunya agar tidak berbuat dosa dan berzina. Sehingga tidak menyulitkan bagi roh atau dewa yang akan masuk kedalam tubuhnya.

Ada beberapa istilah dalam kesenian sintren. Yang pertama adalah paripurna. Yaitu tahapan menjadikan sintren yang dilakukan oleh Pawang, dengan membawa calon penari sintren bersama dengan 4 (empat) orang pemain. Dayang sebagai lambang bidadari (Jawa: Widodari patang puluh) sebagai cantriknya Sintren. Kemudian Sintren didudukkan oleh Pawang dalam keadaan berpakain biasa dan didampingi para dayang/cantrik.

Dalam  paripurna, pawang segera menjadikan penari sintren melalui tiga tahap:
Tahap Pertama, pawang memegang kedua tangan calon penari sintren, kemudian diletakkan di atas asap kemenyan sambil mengucapkan mantra, selanjutnya calon penari sintren diikat dengan tali yang dililitakan ke seluruh tubuh.


Tahap Kedua, calon penari sintren dimasukkan ke dalam sangkar (kurungan) ayam bersama busana sintren dan perlengkapan merias wajah. Beberapa saat kemudian kurungan dibuka, sintren sudah berdandan dalam keadaan terikat tali, lalu sintren ditutup kurungan kembali.


Tahap Ketiga, setelah ada tanda-tanda sintren sudah jadi (biasanya ditandai kurungan bergetar/bergoyang) kurungan dibuka, sintren sudah lepas dari ikatan tali dan siap menari. Selain menari adakalanya sintren melakukan akrobatik diantaranya ada yang berdiri diatas kurungan sambil menari. Selama pertunjukan sintren berlangsung, pembakaran kemenyan tidak boleh berhenti.


Istilah yang kedua adalah  balangan (Jawa : mbalang). Balangan yaitu pada saat penari sintren sedang menari maka dari arah penonton ada yang melempar sesuatu ke arah penari sintren. Setiap penari terkena lemparan maka sintren akan jatuh pingsan. Pada saat itu, pawang dengan menggunakan mantra-mantra tertentu kedua tangan penari sintren diasapi dengan kemenyan dan diteruskan dengan mengusap wajah penari sintren dengan tujuan agar roh bidadari datang lagi sehingga penari sintren dapat melanjutkan menari lagi. Kemudian, penonton yang melemparkan uang tersebut diperbolehkan untuk menari dengan sintren.

Tuesday, November 8, 2016

Sejarah Simalungun

Sejarah Simalungun
Sejak Awal Abad ke-20, nama di 'Simalungun' Oleh digunakan Pemerintah Hindia Belanda untuk review wilâyah Pemerintahan bawahan Dari wilâyah Keresidenan Sumatera Timur, yakni Yang disebut Simeloengoen en Karolanden. Yang revoked DENGAN Simeloengoen (= Simalungun) Adalah Kerajaan Siantar, Kerajaan Tanoh Jawa, Kerajaan Panei, Kerajaan Dolog Silou, Kerajaan Raya, Kerajaan Purba Dan Kerajaan Silimakuta, Yang masing-masing menandatangani semacam perjanjian (dikenal sebagai Korte Verklaring, 'Perjanjian Pendek') DENGAN Pemerintah Hindia Belanda PADA Tahun 1904 (Dan Diperbaharui Tahun 1907).

Hampir bersamaan DENGAN pembentukan wilâyah pemerintahanSimeloengoen en Karolanden Tadi, nama di 'Simalungun' digunakan sebagai nama di suku Bagi Penduduk Yang menghuni 7 Kerajaan-Kerajaan di Simeloengoenlanden Tadi. Sebagai nama di suku, sebutan 'Simalungun' digunakan untuk review keseluruhan Penduduk 7 Kerajaan-Kerajaan Tadi, walaupun sebutan 'Simalungun' Jarang digunakan Penduduk (Dan Pemerintahan) masing-masing Kerajaan, KARENA mereka differences membedakan penduduknya DENGAN sebutan dalam Bahasa Simalungun, yakni DENGAN using kata dosa ATAU par, such as inviting participation dosa Raya, here Panei, here Purba, par Siantar.

Sejak masa ITU pulalah nama di Simalungun Sering digunakan sebagai nama di suku. 2) Tetapi TIDAK hanya untuk Penduduk 7 Kerajaan-Kerajaan Tadi, tetapi SEMUA Penduduk Sumatera Utara Yang mempunyai budaya Yang sama DENGAN budaya Penduduk Yang ADA di 7 Kerajaan-Kerajaan Tadi, Yang tersebar di Deli Serdang (Dan Bedagai), di Asahan, di Dairi , di Karo.

Bersamaan DENGAN digunakannya sebutan 'Simalungun' sebagai nama di suku, sebutan Yang digunakan sebelumnya, yakni 'Batak Timur', atau'Timoerlanden ', Semakin Jarang digunakan.

Satu suku bangsa dibedakan Dari suku bangsa lainnya KARENA adanya Perbedaan budaya. Saya Sering mengatakan ditunjukan kepada Sesama Simalungun, budaya do palegankon Simalungun humbani suku bangsa na Legan. Simalungun akan Tetap ADA Dan eksis (walaupun populasinya TIDAK Banyak) JIKA halak Simalungun mempertahankan budaya Yang membedakannya Dari suku bangsa lain. Sebaliknya, JIKA TIDAK mau Lagi mempertahankan budaya Yang membedakannya DENGAN suku berbaring, Dan LEBIH Suka 'menyesuaikan' Diri DENGAN budaya suku berbaring, halak Simalungun akan Menghilang Dari Muka bumi Penyanyi.

Dulu, Penduduk halak Simalungun Yang menundukkan Diri Ke budaya suku Melayu, diberi julukan domma salih gabe Malayu. Baik KARENA Memeluk agama Islam, ATAU KARENA Pindah Ke wilâyah Yang penduduknya halak Melayu, ATAU KARENA manundalhon arihan (yakni Yang bermakna membelot Dari Kerajaan Yang ADA di sukunya, untuk review kemudian menundukkan Diri ditunjukan kepada Penguasa wilâyah di Luar Simalungun). Ada also Yang salih Jadi Karo, biasanya KARENA Tinggal di wilâyah Yang berpenduduk Karo.

Sebaliknya, halak Toba (Dan ATAU par Samosir) Banyak Yang salih Jadi Simalungun. Konon, * Menurut TBA Purba Tambak (Almarhum), sejak Awal berdirinya Harajaon Dolog Silou, 3) Sudah ADA marga Simarmata Dan marga Sipayung di Dolog Silou, Dan TIDAK ADA marga Sinaga. Mereka ITU Sudah salih Menjadi Simalungun. Proses salih Terjadi KARENA Seseorang Meninggalkan budaya asalnya Dan menjadikan budaya setempat Menjadi budayanya.
Jadi, hearts pengertian budaya melakukan palegankon suku bangsa, Simalungun akan differences eksis sebagai shalat Satu suku bangsa di Indonesia (Dan Dunia) Sepanjang Masih Ada Yang memelihara budayanya, yakni Yang disebut budaya Simalungun, Sepanjang Masih Ada yang mau Menjadi halak Simalungun (hearts arti berbudaya Simalungun).

Mencari Google Artikel demikian Mudah-mudahan Semakin Jelas APA Yang kitd Maksud DENGAN 'Simalungun' hearts Konteks 'Sejarah Simalungun'. Ternyata Yang kitd mau diskusikan Bukan 'Sejarah Kabupaten Simalungun', Bukan asal usul (Tarombo) halak Simalungun, tetapi Sejarah suku bangsa Yang kini Masih eksis sebagai shalat Satu suku bangsa Yang mempunyai budaya Yang BERBEDA DENGAN suku bangsa lainnya (walaupun ADA Persamaan), Yang sejak Awal Abad ke-20 dinamakan suku Simalungun, Dan budayanya disebut budaya Simalungun.

Seperti Sudah dikemukan Tadi, sejak Awal Abad ke-20 sebutan Simalungun Semakin Sering digunakan ditunjukan kepada Satu suku bangsa Yang Tinggal di 7 Kerajaan di wilâyah Simeloengoenlanden Dan wilayah-wilâyah Sekitarnya (which are dimasukkan Menjadi wilâyah Pemerintahan Yang bertetangga dengan 7 kerjaan Tadi (Yang kini Menjadi Kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai, Kota Tebing Tingi, Kabupaten Asahan, Kabupaten Tobasa, Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo). Sebelumnya, Reseller Sering digunakan nama di kewarga-negaraan Penduduk, seperti here Panei (untuk review rakyat Kerajaan Panei), parSordang (sebutan untuk review rakyat Kesultanan Serdang). SEMENTARA 'Luar orangutan' Yang Datang berkunjung ATAU meleliti Ke wilâyah Yang dihuni halak Simalungun, Reseller Suka using sebutan Batak Timur, mungkin KARENA berdiam di wilâyah Sebelah Timur rumpun-suku Batak lainnya.
Di Kalangan Penulis halak Simalungun, Masih Banyak Yang berpendapat bahwa SEBELUM Belanda melebarkan sayap penjajahannya Ke Wilayah berpenduduk Simalungun (Dan menemukan Fakta adanya 7 Kerajaan), Terdapat 4 Kerajaan di Simalungun, Yang disebut Raja Maroppat, yakni Silou, Panei, Siantar Dan Tanoh Jawa. Bahkan ADA Yang Yakin bahwa sebutan Raja Maroppat Adalah concept Simalungun. Sudah PERNAH Saya kemukakan bahwa sebutan Raja Maroppat berasal Dari concept tuha Peut-nya Kesultanan Aceh Saat meluaskan pengaruhnya Ke Kawasan Sumatera Timur. Namun Pendapat Tadi TIDAK Berubah. 4)


Ada pula Yang berpendapat, SEBELUM ADA Raja Maroppat, Hanya ada satu Kerajaan, yakni Kerajaan Silou.

Tetapi hearts Satu hal. sepertinya Semuanya Sepakat, yakni tadinya Hanya Satu Kerajaan, yakni Kerajaan Nagur.

JIKA Kelak can be diterima sebagai Kebenaran Sejarah bahwa rakyat Nagurlah Yang mewariskan Kebudayaan Yang di kemudian hari dikenal DENGAN sebutan Kebudayaan Simalungun, Maka HAL ITU Berarti Kebudayaan Simalungun Sudah teruji di wilâyah Penyanyi selama LEBIH Kurang 14 Abad, KARENA konon Nagur Sudah tercantum hearts naskah Cina Dari Abad ke-6, Masih eksis Dan dicatat Oleh Marco Polo (Abad ke-13) DENGAN nama di 'Nagore' ATAU 'Nakur', Masih eksis PADA Saat Pinto mencatat (Abad ke-16) bahwa Nagur meminta Bantuan Portugis Yang berkedudukan di Malaka KARENA mendapat Serangan Dari Aceh, Dan bahwa Encyclopedi Ned. Indie mencatat Nagur can be Bertahan Dari Invasi Johor Dan Siak. Ketika PADA Penghujung Abad ke-19 Belanda menginjakkan kakinya Ke wilâyah Yang dihuni Penduduk Pewaris Kebudayaan rakyat Nagur Tadi, Masih ditemuinya Kebudayaan Yang sama di 7 Kerajaan Yang di kemudian hari disebutnya sebagai Kawasan Simeloengoen, bahkan sama DENGAN Kebudayaan sebagian rakyat Yang tersebar di sekeliling Simeloengoen.

Menjadi Jelas Kiranya, DENGAN memberikan judul 'Sejarah Simalungun' sebagai Awal Diskusi kitd di seminar Kali Penyanyi, seminar Penyelenggara Mencoba manarik Minat Kita Untuk Senantiasa bertanya mau dikemanakan Simalungun Penyanyi.

Mungkin Pertanyaan itulah Penyelenggara seminar Yang mengilhami untuk review menambahkan kata-kata 'dan Pesannya Bagi Generasi Muda', sehingga judul Yang dimintakan ditunjukan kepada Saya Adalah Sejarah Simalungun Dan Pesannya Bagi Generasi Muda.


Sengaja Saya menghindar Dari memberikan Pesan, KARENA Pesan Yang diselipkan PADA Penulisan Sejarah akan Bias DENGAN objektipitas Yang Dibutuhkan Oleh Sejarah

Monday, November 7, 2016

Tari Topeng Cirebon

Tari Topeng Cirebon

Indonesia sudah terkenal dengan kebudayaan yang beraneka ragam yang ada di seluruh propinsi yang ada. Salah satu kebudayaan itu adalah seni tari. Seni tari setiap daerah mempunyai ciri khas yang berbeda dengan daerah lainnya. Salah satunya adalah tari topeng Cirebonan.
Sebagai salah satu tarian yang termahsyur di Jawa Barat, kesenian Tari Topeng Cirebon rasanya tak bisa dilepaskan dari karakter kuat yang melekat pada kesenian ini. Tari Topeng Cirebon merupakan sebuah gambaran budaya yang luhur, filsafat kehidupan yang menggambarkan sisi lain dari diri setiap manusia. Metamorfosis manusia dari waktu ke waktu untuk menemukan jati dirinya yang sebenarnya. Tari Topeng yang pada asalanya sering dipentaskan di lingkungan keraton dan keudian mulai menyebar ke dalam lapisan masyarakat biasa (non keraton) kini   keberadaannya mulai sulit untuk dilihat. Tari Topeng kini hanya ditampilkan di beberapa kesempatan saja, di Cirebon sendiri beberapa kali saya melihat acara pernikahan yang menampilkan Tari Topeng sebagai pembuka seremonialnya, sisanya sulit rasanya melihat penampilan Tari Topeng, alasannya? Itu masih menjadi pertanyaan.
Menurut pendapat salah seorang seniman dari ujung gebang-Susukan-Cirebon, Marsita, kata topeng berasal dari kata” Taweng” yang berarti tertutup atau menutupi. Sedangkan menurut pendapat umum, istilah kata topeng mengandung pengertian sebagai penutup muka / kedok. Berdasarkan asal katanya tersebut, maka tari topeng pada dasarnya merupakan seni tari tradisional masyarakat Cirebon yang secara spesifik menonjolkan penggunaan penutup muka berupa topeng atau kedok oleh para penari pada waktu pementasannya. Seperti yang telah diutarakan diatas, bahwa unsur-unsur yang terdapat dalam seni tari topeng Cirebon mempunyai arti simbolik dan penuh pesan- pesan terselubung, baik dari jumlah kedok, warna kedok, jumlah gamelan pengiring dan lain sebagainya. Hal tersebut merupakan upaya para Wali dalam menyebarkan agama Islam dengan menggunakann kesenian Tari Topeng setelah media dakwah kurang mendapat respon dari masyarakat.

Tari Topeg Cirebonan ternyata salah satu seni yang berisi hiburan juga mengandung simbol-simbol yang melambangkan berbagai aspek kehidupan seperti nilai kepemimpinan, kebijaksanaan, cinta bahkan angkara murka serta menggambarkan perjalanan hidup manusia sejak dilahirkan hingga menginjak dewasa. Dalam hubungan ini maka seni Tari Topeng ini dapat digunakan sebagai media komunikasi yang sangat positif sekali.

Sebenarnya Tari Topeng ini sudah ada jauh sejak abad 10-11M yaitu pada masa pemerintahan Raja Jenggala di Jawa Timur yaitu Prabu Panji Dewa. Melalui seniman jalanan Seni Tari Topeng ini masuk ke Cirebon dan mengalami akulturasi dengan kebudayaan setempat.

Pada masa Kerajaan Majapahit dimana Cirebon sebagai pusat penyebaran agama islam, Sunan Gunung Jati bekerja sama dengan Sunan Kalijaga menggunakn Tari Topeng ini sebagai salah satu upaya untuk menyebarkan agama islam dan sebagai hiburan di lingkungan Keraton.
Tari topeng cirebon sendiri dapat digolongkan ke dalam lima karakter pokok topeng yang berbeda yaitu :
Topeng Panji. Digambarkan sebagai sosok manusia yang baru lahir, penuh dengan kesucian, gerakannya halus dan lembut. Tarian ini bagi beberapa pengamat tarian merupakan gabungan dari hakiki gerak dan hakiki diam dalam sebuah filosofi tarian.
 Topeng Samba, menggambarkan fase ketika manusia mulai memasuki dunia kanak-kanak, digambarkan dengan gerakan yang luwes, lincah dan lucu.
 Topeng Rumyang merupakan gambaran dari fase kehidupan remaja pada masa akhil balig
Topeng Tumenggung, gambaran dari kedewasaan seorang manusia, penuh dengan kebijaksanaan layaknya sosok prajurit yang tegas, penuh dedikasi, dan loyalitas seperti pahlawan
Topeng  Kelana/Rahwana merupakan visualisasi dari watak manusia yang serakah, penuh amarah, dan ambisi. Sifat inilah yang merupakan sisi lain dari diri manusia, sisi “gelap” yang pasti ada dalam diri manusia. Gerakan topeng Kelana begitu tegas, penuh dengan ambisi layaknya sosok raja yang haus ambisi duniawi.
Kelima karakter tari topeng Cirebon bila dikaitkan dengan pendekatan ajaran agama Islam dapat dijelaskan sebagai berikut
Topeng Panji merupakan akronim dari kata MAPAN ning kang SIJI, artinya tetap kepada satu yang Esa atau dengan kata lain Tiada Tuhan selain Allah SWT.
 Topeng Samba Berasal dari kata SAMBANG atau SABAN yang artinya setiap. Maknanya bahwa setiap waktu kita diwajibkan mengerjakan segala Perintah- NYA.
 Topeng Rumyang. Berasal dari kata Arum / Harum dan Yang / Hyang (Tuhan). Maknanya bahwa kita senantiasa mengharumkan nama Tuhan yaitu dengan Do’a dan dzikir
Topeng Temenggung. Memberikan kebaikan kapada sesama manusia, saling menghormati dan senantiasa mengembangkan silih Asah, Silih Asih dan Silih Asuh

Topeng Klana. Kelana artinya Kembara atau Mencari. Bahwa dalam hidup ini kita wajib berikhtiar.

Saturday, November 5, 2016

Eksotisme Bawah Laut Raja Ampat

Raja ampat merupakan sekelompok pulau Yang berlokasi di Provinsi Papua Barat. Keindahan Pulau Penyanyi menjadikan Raja Ampat sebagai shalat Satu ikon Wisata Bawah laut Terpopuler di Indonesia. Terdapat Satu HAL Yang Menjadi Ciri Khas Raja Ampat yakni Pemandangan Bawah lautnya Yang menakjubkan.

Memang, sejak PT KARYA CIPTA PUTRA Kawasan pulau raja ampat papua Selalu Menjadi Daya tarik tersendri Bagi para wisatawan Domestik maupun mancanegara. Kebanyakan Dari mereka sengaja mengunjungi Wisata Penyanyi untuk review menilik Keindahan biota Dan terumbu karang Bawah laut Yang menakjubkan. Bahkan many parties Yang menyatakan Kepulauan Raja Ampat memiliki Banyak Keanekaragaman spesies terbanyak Dari Seluruh pulau-pulau di Dunia. Beberapa spesies biota laut langka Yang Belum PERNAH Andari jumpai bahkan can be Andari temui disini.

Aktifitas Menarik di Wisata Raja Ampat
JIKA Andari Berminat mengunjungi Raja Ampat Papua, Terdapat Beragam AKTIVITAS Yang can be Andari lakukan Disana Mulai dari diving, snorkeling, Memancing, Berlayar, Naik perahu Hingga Wisata kuliner. Cukup asyik Bukan ?. Hal Pertama Yang wajib dilakukan Saat mengunjungi pulau raja ampat Adalah diving. Diving ATAU LEBIH dikenal DENGAN AKTIVITAS menyelam tentu merupakan Suatu AKTIVITAS Yang menantang Dan menarik, apalagi JIKA ditemani Oleh ikan pari, penyu Dan also terumbu karang warna-warni. Tentu HAL Penyanyi akan Menjadi Pengalaman menyelam Yang tak biasa. Terdapat sedikitnya 537 spesies koral Dan also 699 Hewan tak bertulang Belakang Yang can be Andari jumpai disini. SEMENTARA untuk review masalah Keamanan, Andari tak Perlu Canggung sebab AKTIVITAS diving Andari akan ditemani Oleh ahlinya Dan tentunya DENGAN Peralatan menyelam Yang Sangat memadai sehingga Keselamatan Dan keamanannya Terjamin.

Wisata Raja Ampat merupakan shalat Satu tujuan Wisata Indonesia Yang Patut dibanggakan, sebab tak Hanya wisatawan Domestik Saja Yang tertarik menyambanginya, namun wisatawan mancanegara ATAU Yang LEBIH dikenal DENGAN 'turis' also bondong-bondong mengunjunginya. Ada Yang berniat mengunjungi Wisata di Raja Ampat Hanya Sekedar untuk review merefreshkan Diri (Rekreasi) namun ADA also mengunjunginya DENGAN Alasan edukasi. Beberapa Pakar Sains Dari luar negeri bahkan Ikut terjun langsung 'hearts penyelaman tersebut. Mereka sengaja melakukan Penyanyi untuk review Keperluan development sains Dan Observasi Tingkat lanjut.

Tak Hanya Pemandangan Bawah lautnya Saja Yang menakjubkan, raja ampat papua also memiliki Daya tarik berbaring Yang Tak Kalah Istimewa. Beberapa elemen also memiliki andil Yang gede hearts menyusun Keindahan Wisata Penyanyi diantaranya hutan Yang Lebat, gugusan batu kapur berwarna-warni, spesies tumbuhan langka Dan also sarang penyu di Tepi Pantai. Selain ITU, Andari also berkesempatan Menikmati sajian kuliner Khas Raja Ampat Yang disuguhkan through restoran-restoran Anda elit Tepi Pantai. Tentu suasana BERBEDA akan tergambar Saat Andari menyantap Hidangan laut ditemani makanan deburan ombak Dan kura-kura Yang Menyapa.

Oleh KARENA ITU, tak ADA salahnya JIKA Andari menyambangi Raja Ampat Papua sebagai destinasi Utama Andari.

Indonesia Explorer:
Keindahan raja ampat
Keindahan pulau raja ampat
Keindahan alam raja ampat
Keindahan Bawah laut raja ampat
Pemandangan Bawah laut raja ampat
Pemandangan raja ampat
Keindahan raja ampat papua
biota laut raja ampat
Keindahan laut raja ampat
Keindahan Pantai raja ampat


Jika anda dari Jakarta, Bali atau dari mana pun anda. Beli lah tiket pesawat dengan tujuan kota sorong, Kota sorong adalah gerbang untuk memasuki raja ampat papua. Perjalanan pesawat itu akan ditempuh sekitar 6 jam (dari Jakarta) dan biasanya akan melakukan transit di kota Makassar atau kota Manado hingga sampai ke bandara Domine Eduard Sorong (Kota sorong).Lalu anda bisa melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Sorong dengan transportasi umum dengan  biaya yang murah, Setelah itu anda harus membeli tiket untuk  tujuan kota Waisai. Kota waisai merupakan ibukota raja ampat yang terletak di pulau Waigeo. Waigeo adalah salah satu dari empat pulau utama di raja ampat papua. Perjalanan dari kota serong ke raja ampat akan ditempuh selama 2 jam. Pantai di raja ampat papua – sumber : www.flickr.com   Penginapan raja ampat Sesampai di kota waisai (Ibu Kota Raja Ampat), anda bisa mencari hotel atau penginapan dengan harga yang bervariasi. Jika perjalanan anda terhenti di kota sorong karena kehabisan tiket menuju kota waisai anda juga dapat menginap dulu di kota sorong tersebut dan melanjutkan perjalanan ke esokan harinya. Di kota waisai anda bisa memilih hotel dengan harga yang murah yaitu mulai Rp. 300.000. Selain itu anda juga bisa menginap di daerah Saonek Monde, di Saonek Monde terdapat banyak resort yang ber aneka ragam. Antara lain adalah ‘Sorido Bay Resort’ yang terkenal dengan terumbu karangnya, ‘Kri Eco Resort’ suasana yang tradisional dan dibangun di atas air, ‘Perkemahan pulau’ dan ‘Boathouse’ atau rumah perahu. Selain itu ada juga hotel dan rumah sewaan di Saonek, Mansuar, dan pulau-pulau Yenwaupnor. Makanan dan minuman di raja ampat Jangan pusing untuk hal yang satu ini, karena disitu sudah banyak disediakan menu internasional, menu lokal dan menu tradisional. Biasanya makanan itu juga sudah disediakan oleh jasa penyelenggara diving dan anda tinggal memilih menu yang di inginkan. Makanan itu biasanya dibuat oleh penduduk setempat. Dan disitu tersedia berbagai macam hidangan laut dan juga makanan olahan yang terbuat dari ikan. Salah satu menu yang wajib anda cicipi adalah sup ikan kuning, yang merupakan makanan khas dari pulau raja ampat ini. Tempat belanja di raja ampat Tahukah anda, sebagian besar dari penyelam yang datang ke raja ampat ini menyatakan oleh-oleh terbaik dari raja ampat itu adalah pengalaman dan rekaman rekaman foto dan videonya. Tapi untuk oleh-oleh yang sebenarnya dan khas dari raja ampat ini juga sudah tersedia di pusat souvenir papua, ini juga meringankan beban anda supaya tidak terlalu banyak membawa barang dari raja ampat papua, dimana souvenirnya antara lain yaitu Patung suku Asmat, Kain tradisional, Alat musik tradisional, Suling, Tambur (drum tradisional papua). Jika anda mengunjungi desa arborek di raja ampat, jangan lupa untuk membeli anyaman tradisional disitu. Tradisi budaya di raja ampat Karena letak raja ampat yang berada di paling barat dari kepulauan besar yaitu pulau new guinea , secara antropologis dan linguistik menjadikan pulau raja ampat mendapatkan sebutan keanekaragaman (an area of diversity). Sebutan itu menggambarkan situasi budaya dan bahasa yang merupakan perpaduan antara budaya asli raja ampat dengan budaya yang dibawa oleh pendatang-pendatang dari papua maupun luar papua. Seperti sebuah lagu berjudul “Aku Papua” karangan Frankie Sahilatua (Alm) , menceritakan bahwa ciri ciri utama orang papua maupun raja ampat adalah berkulit hitam dan berambut keriting. Bahasa yang sering digunakan di raja ampat antara lain yaitu bahasa biak dan bahasa melayu papua. Bahasa biak yang dominan di daerah pesisir dan kepulauan dan bahasa melayu yang merupakan bahasa yang umum digunakan dalam aktifitas sehari-hari. Adapun penyebaran suku budaya berdasarkan pulau-pulau antara lain: Pulau Waigeo (Suku Wawiyai (Wauyai), Suku Kawe, Suku Laganyan, Suku Ambel (-Waren), Suku Biak), Pulau Batanta (Suku Batanta, suku biak), Pulau Salawati (Suku Tepin, Suku Moi (Moi-Maya), Suku Fiat, Domu, Waili dan Butlih), Pulau Misool(Suku Matbat, Suku Misool, Suku Biga, Suku Biak) dan Pulau Kofiau (Suku biak, Suku Biak Beteu/Beser). Kegiatan di raja ampat Adapun pulau yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Pulau Wayag, Pulau Waiwo, Pulau Karang, Kepulauan Gam, dan Pulau Arborek.Diving dan snorkelling menjadi menu wisata terfavorit di kepulauan Raja Ampat papua. Waigeo Selatan menjadi tujuan favorit penggemar para penyelam dan jangan lupa singgah juga ke Kabui Bay yang memiliki banyak pulau karang (karst), gua tengkorak, dan tempat bersejarah kepulauan Raja Ampat di Kali Raja. Anda juga dapat melihat berbagai jenis burung di Desa Yenwaupnor dan Sawinggrai, tari Salay di Saonek, dan kerajinan anyaman di Arborek. Di Arborek  Anda dapat menyelam dan menyaksikan sekelompok ikan pari berenang. Di Sawandarek, ada pantai berpasir putih dengan bebek laut dan karang yang indah. Selain itu, ada sebuah desa tradisional di mana Anda dapat berjalan-jalan dan menikmati suasana yang tak terlupakan. Aktivitas raja ampat papua – sumber : www.flickr.com Selain itu, wisata yang terindah di Papua ini juga memiliki  hutan yang lebat, gugusan batu kapur yang berwarna-warni, aneka spesies tumbuhan langka, serta sarang penyu di tepi pantai. Ada 540 jenis karang dan 1.511 spesies ikan di Raja Ampat. Jika 75% seluruh spesies karang yang ada di dunia ada di kepulauan raja ampat, jumlahnya sama dengan 10 kali lipat jumlah spesies karang yang ditemukan di seluruh Karibia. Ada juga 5 spesies penyu laut langka, 13 spesies mamalia laut, 57 spesies udang mantis, dan 27 spesies ikan khas yang hanya terdapat di kepulauan raja Ampat. Sebagian wisatawan akan berselancar di Raja Ampat karena tempat wisata ini memiliki ombak laut yang cukup tinggi. Di kepulauan gam, terdapat satwa khas papua yaitu burung cendrawasih. Adapun jenisnya adalah cendrawasih merah, cendrawasih besar, cendrawasih kecil, dan cendrawasih belah rotan. Untuk para pendaki, silahkan mencoba ke Pulau Karang. Di sana anda dapat mendaki sebuah bukit karang, dimana tingkat kemiringan mencapai 90 derajat. Tetapi jika anda bisa berhasil sampai ke puncak, keindahan panorama laut Raja Ampat papua akan menjadi obat lelah pendakian anda. Di puncak karang tersebut, Anda dapat melihat keselurahan pulau yang hijau dan air laut yang biru bening. Jika waktu anda tepat, pergilah ke bagian Timur Waigeo, di depan desa Urbinasopen dan Yesner. Ada sebuah fenomena menarik yang terjadi di setiap akhir tahun. Yaitu sebuah sinar yang berasal dari laut mengitari permukaannya berlangsung sekitar 10-18 menit. Penduduk setempat menyebutnya dengan “hantu laut”. Terdapat juga pertunjukan suling bambu tradisional yang disebut suling tambur dan dapat anda nikmati di waigeo barat dan utara. Pertunjukan tradisional ini hanya diselenggarakan pada hari kemerdekaan indonesia, festival keagamaan,dan kunjungan pejabat atau pemimpin penting. Di sebelah utara Waigeo anda juga dapat belajar sejarah dengan mengunjungi gua dari masa Perang Dunia II, tempat tentara Belanda dan Jepang membangun bungker mereka. Terkadang ada juga tarian perang yang dilakukan masyarakat setempat.Di Tomolol anda dapat melihat lukisan telapak tangan manusia dan hewan yang sangat besar di dalam gua. Lukisan itu di lukis oleh penghuni gua dari masa prasejarah. Satu lagi, Ada juga sebuah air terjun yang terus mengalir di Salawati. Selanjutnya, anda bisa pergi ke pulau ayau. Pulau ini terdiri dari pulau pulau kecil yang mengagumkan karna dihiasi oleh pasir pasir putih dan pulau nya juga saling terhubung. Ada lagi pulau pasir “Zandplaat”. Di sini merupakan habitat unik vegetasi lokal. Anda dapat melihat  ibu-ibu dan anak suku setempat menangkap cacing laut (insonem). Adapun aktivitas lain yang dapat dilakukan adalah memberi makan kuskus, Bermain kayak, Menjelajahi pulau dengan perahu, Berpetualang di gua kelelawar ‘bukan kelelawar varietas Dark Knight’, Memancing secara tradisional Papua, Trekking untuk menemukan air terjun dan juga bisa membuat patung kayu sendiri yang dipandu oleh pengrajin Asmat. Pastikan untuk mendokumentasikan semua kegiatan anda. Mengelilingi kepulauan raja ampat Untuk dapat mengelilingi raja ampat anda bisa menghubungi agen wisata yang dapat di temukan di sorong. Terdapat beberapa tur yang ditawarkan antara lain tur mengelilingi pulau pulau raja ampat papua dan tur menyelam di raja ampat. Dari sorong Ada dua transportasi yang digunakan speed boat dan perahu panjang. Anda juga bisa menyewa perahu kecil untuk mengelilingi raja ampat yang indah ini. Ciptakanlah liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan walaupun hanya sekali ke raja ampat ini, semoga panduan ini dapat berguna untuk liburan anda.

Eksotisme Bawah Laut Raja Ampat

Raja ampat merupakan sekelompok pulau Yang berlokasi di Provinsi Papua Barat. Keindahan Pulau Penyanyi menjadikan Raja Ampat sebagai shalat Satu ikon Wisata Bawah laut Terpopuler di Indonesia. Terdapat Satu HAL Yang Menjadi Ciri Khas Raja Ampat yakni Pemandangan Bawah lautnya Yang menakjubkan.

Memang, sejak PT KARYA CIPTA PUTRA Kawasan pulau raja ampat papua Selalu Menjadi Daya tarik tersendri Bagi para wisatawan Domestik maupun mancanegara. Kebanyakan Dari mereka sengaja mengunjungi Wisata Penyanyi untuk review menilik Keindahan biota Dan terumbu karang Bawah laut Yang menakjubkan. Bahkan many parties Yang menyatakan Kepulauan Raja Ampat memiliki Banyak Keanekaragaman spesies terbanyak Dari Seluruh pulau-pulau di Dunia. Beberapa spesies biota laut langka Yang Belum PERNAH Andari jumpai bahkan can be Andari temui disini.

Aktifitas Menarik di Wisata Raja Ampat
JIKA Andari Berminat mengunjungi Raja Ampat Papua, Terdapat Beragam AKTIVITAS Yang can be Andari lakukan Disana Mulai dari diving, snorkeling, Memancing, Berlayar, Naik perahu Hingga Wisata kuliner. Cukup asyik Bukan ?. Hal Pertama Yang wajib dilakukan Saat mengunjungi pulau raja ampat Adalah diving. Diving ATAU LEBIH dikenal DENGAN AKTIVITAS menyelam tentu merupakan Suatu AKTIVITAS Yang menantang Dan menarik, apalagi JIKA ditemani Oleh ikan pari, penyu Dan also terumbu karang warna-warni. Tentu HAL Penyanyi akan Menjadi Pengalaman menyelam Yang tak biasa. Terdapat sedikitnya 537 spesies koral Dan also 699 Hewan tak bertulang Belakang Yang can be Andari jumpai disini. SEMENTARA untuk review masalah Keamanan, Andari tak Perlu Canggung sebab AKTIVITAS diving Andari akan ditemani Oleh ahlinya Dan tentunya DENGAN Peralatan menyelam Yang Sangat memadai sehingga Keselamatan Dan keamanannya Terjamin.

Wisata Raja Ampat merupakan shalat Satu tujuan Wisata Indonesia Yang Patut dibanggakan, sebab tak Hanya wisatawan Domestik Saja Yang tertarik menyambanginya, namun wisatawan mancanegara ATAU Yang LEBIH dikenal DENGAN 'turis' also bondong-bondong mengunjunginya. Ada Yang berniat mengunjungi Wisata di Raja Ampat Hanya Sekedar untuk review merefreshkan Diri (Rekreasi) namun ADA also mengunjunginya DENGAN Alasan edukasi. Beberapa Pakar Sains Dari luar negeri bahkan Ikut terjun langsung 'hearts penyelaman tersebut. Mereka sengaja melakukan Penyanyi untuk review Keperluan development sains Dan Observasi Tingkat lanjut.

Tak Hanya Pemandangan Bawah lautnya Saja Yang menakjubkan, raja ampat papua also memiliki Daya tarik berbaring Yang Tak Kalah Istimewa. Beberapa elemen also memiliki andil Yang gede hearts menyusun Keindahan Wisata Penyanyi diantaranya hutan Yang Lebat, gugusan batu kapur berwarna-warni, spesies tumbuhan langka Dan also sarang penyu di Tepi Pantai. Selain ITU, Andari also berkesempatan Menikmati sajian kuliner Khas Raja Ampat Yang disuguhkan through restoran-restoran Anda elit Tepi Pantai. Tentu suasana BERBEDA akan tergambar Saat Andari menyantap Hidangan laut ditemani makanan deburan ombak Dan kura-kura Yang Menyapa.

Oleh KARENA ITU, tak ADA salahnya JIKA Andari menyambangi Raja Ampat Papua sebagai destinasi Utama Andari.

Indonesia Explorer:
Keindahan raja ampat
Keindahan pulau raja ampat
Keindahan alam raja ampat
Keindahan Bawah laut raja ampat
Pemandangan Bawah laut raja ampat
Pemandangan raja ampat
Keindahan raja ampat papua
biota laut raja ampat
Keindahan laut raja ampat
Keindahan Pantai raja ampat


Jika anda dari Jakarta, Bali atau dari mana pun anda. Beli lah tiket pesawat dengan tujuan kota sorong, Kota sorong adalah gerbang untuk memasuki raja ampat papua. Perjalanan pesawat itu akan ditempuh sekitar 6 jam (dari Jakarta) dan biasanya akan melakukan transit di kota Makassar atau kota Manado hingga sampai ke bandara Domine Eduard Sorong (Kota sorong).Lalu anda bisa melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Sorong dengan transportasi umum dengan  biaya yang murah, Setelah itu anda harus membeli tiket untuk  tujuan kota Waisai. Kota waisai merupakan ibukota raja ampat yang terletak di pulau Waigeo. Waigeo adalah salah satu dari empat pulau utama di raja ampat papua. Perjalanan dari kota serong ke raja ampat akan ditempuh selama 2 jam. Pantai di raja ampat papua – sumber : www.flickr.com   Penginapan raja ampat Sesampai di kota waisai (Ibu Kota Raja Ampat), anda bisa mencari hotel atau penginapan dengan harga yang bervariasi. Jika perjalanan anda terhenti di kota sorong karena kehabisan tiket menuju kota waisai anda juga dapat menginap dulu di kota sorong tersebut dan melanjutkan perjalanan ke esokan harinya. Di kota waisai anda bisa memilih hotel dengan harga yang murah yaitu mulai Rp. 300.000. Selain itu anda juga bisa menginap di daerah Saonek Monde, di Saonek Monde terdapat banyak resort yang ber aneka ragam. Antara lain adalah ‘Sorido Bay Resort’ yang terkenal dengan terumbu karangnya, ‘Kri Eco Resort’ suasana yang tradisional dan dibangun di atas air, ‘Perkemahan pulau’ dan ‘Boathouse’ atau rumah perahu. Selain itu ada juga hotel dan rumah sewaan di Saonek, Mansuar, dan pulau-pulau Yenwaupnor. Makanan dan minuman di raja ampat Jangan pusing untuk hal yang satu ini, karena disitu sudah banyak disediakan menu internasional, menu lokal dan menu tradisional. Biasanya makanan itu juga sudah disediakan oleh jasa penyelenggara diving dan anda tinggal memilih menu yang di inginkan. Makanan itu biasanya dibuat oleh penduduk setempat. Dan disitu tersedia berbagai macam hidangan laut dan juga makanan olahan yang terbuat dari ikan. Salah satu menu yang wajib anda cicipi adalah sup ikan kuning, yang merupakan makanan khas dari pulau raja ampat ini. Tempat belanja di raja ampat Tahukah anda, sebagian besar dari penyelam yang datang ke raja ampat ini menyatakan oleh-oleh terbaik dari raja ampat itu adalah pengalaman dan rekaman rekaman foto dan videonya. Tapi untuk oleh-oleh yang sebenarnya dan khas dari raja ampat ini juga sudah tersedia di pusat souvenir papua, ini juga meringankan beban anda supaya tidak terlalu banyak membawa barang dari raja ampat papua, dimana souvenirnya antara lain yaitu Patung suku Asmat, Kain tradisional, Alat musik tradisional, Suling, Tambur (drum tradisional papua). Jika anda mengunjungi desa arborek di raja ampat, jangan lupa untuk membeli anyaman tradisional disitu. Tradisi budaya di raja ampat Karena letak raja ampat yang berada di paling barat dari kepulauan besar yaitu pulau new guinea , secara antropologis dan linguistik menjadikan pulau raja ampat mendapatkan sebutan keanekaragaman (an area of diversity). Sebutan itu menggambarkan situasi budaya dan bahasa yang merupakan perpaduan antara budaya asli raja ampat dengan budaya yang dibawa oleh pendatang-pendatang dari papua maupun luar papua. Seperti sebuah lagu berjudul “Aku Papua” karangan Frankie Sahilatua (Alm) , menceritakan bahwa ciri ciri utama orang papua maupun raja ampat adalah berkulit hitam dan berambut keriting. Bahasa yang sering digunakan di raja ampat antara lain yaitu bahasa biak dan bahasa melayu papua. Bahasa biak yang dominan di daerah pesisir dan kepulauan dan bahasa melayu yang merupakan bahasa yang umum digunakan dalam aktifitas sehari-hari. Adapun penyebaran suku budaya berdasarkan pulau-pulau antara lain: Pulau Waigeo (Suku Wawiyai (Wauyai), Suku Kawe, Suku Laganyan, Suku Ambel (-Waren), Suku Biak), Pulau Batanta (Suku Batanta, suku biak), Pulau Salawati (Suku Tepin, Suku Moi (Moi-Maya), Suku Fiat, Domu, Waili dan Butlih), Pulau Misool(Suku Matbat, Suku Misool, Suku Biga, Suku Biak) dan Pulau Kofiau (Suku biak, Suku Biak Beteu/Beser). Kegiatan di raja ampat Adapun pulau yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Pulau Wayag, Pulau Waiwo, Pulau Karang, Kepulauan Gam, dan Pulau Arborek.Diving dan snorkelling menjadi menu wisata terfavorit di kepulauan Raja Ampat papua. Waigeo Selatan menjadi tujuan favorit penggemar para penyelam dan jangan lupa singgah juga ke Kabui Bay yang memiliki banyak pulau karang (karst), gua tengkorak, dan tempat bersejarah kepulauan Raja Ampat di Kali Raja. Anda juga dapat melihat berbagai jenis burung di Desa Yenwaupnor dan Sawinggrai, tari Salay di Saonek, dan kerajinan anyaman di Arborek. Di Arborek  Anda dapat menyelam dan menyaksikan sekelompok ikan pari berenang. Di Sawandarek, ada pantai berpasir putih dengan bebek laut dan karang yang indah. Selain itu, ada sebuah desa tradisional di mana Anda dapat berjalan-jalan dan menikmati suasana yang tak terlupakan. Aktivitas raja ampat papua – sumber : www.flickr.com Selain itu, wisata yang terindah di Papua ini juga memiliki  hutan yang lebat, gugusan batu kapur yang berwarna-warni, aneka spesies tumbuhan langka, serta sarang penyu di tepi pantai. Ada 540 jenis karang dan 1.511 spesies ikan di Raja Ampat. Jika 75% seluruh spesies karang yang ada di dunia ada di kepulauan raja ampat, jumlahnya sama dengan 10 kali lipat jumlah spesies karang yang ditemukan di seluruh Karibia. Ada juga 5 spesies penyu laut langka, 13 spesies mamalia laut, 57 spesies udang mantis, dan 27 spesies ikan khas yang hanya terdapat di kepulauan raja Ampat. Sebagian wisatawan akan berselancar di Raja Ampat karena tempat wisata ini memiliki ombak laut yang cukup tinggi. Di kepulauan gam, terdapat satwa khas papua yaitu burung cendrawasih. Adapun jenisnya adalah cendrawasih merah, cendrawasih besar, cendrawasih kecil, dan cendrawasih belah rotan. Untuk para pendaki, silahkan mencoba ke Pulau Karang. Di sana anda dapat mendaki sebuah bukit karang, dimana tingkat kemiringan mencapai 90 derajat. Tetapi jika anda bisa berhasil sampai ke puncak, keindahan panorama laut Raja Ampat papua akan menjadi obat lelah pendakian anda. Di puncak karang tersebut, Anda dapat melihat keselurahan pulau yang hijau dan air laut yang biru bening. Jika waktu anda tepat, pergilah ke bagian Timur Waigeo, di depan desa Urbinasopen dan Yesner. Ada sebuah fenomena menarik yang terjadi di setiap akhir tahun. Yaitu sebuah sinar yang berasal dari laut mengitari permukaannya berlangsung sekitar 10-18 menit. Penduduk setempat menyebutnya dengan “hantu laut”. Terdapat juga pertunjukan suling bambu tradisional yang disebut suling tambur dan dapat anda nikmati di waigeo barat dan utara. Pertunjukan tradisional ini hanya diselenggarakan pada hari kemerdekaan indonesia, festival keagamaan,dan kunjungan pejabat atau pemimpin penting. Di sebelah utara Waigeo anda juga dapat belajar sejarah dengan mengunjungi gua dari masa Perang Dunia II, tempat tentara Belanda dan Jepang membangun bungker mereka. Terkadang ada juga tarian perang yang dilakukan masyarakat setempat.Di Tomolol anda dapat melihat lukisan telapak tangan manusia dan hewan yang sangat besar di dalam gua. Lukisan itu di lukis oleh penghuni gua dari masa prasejarah. Satu lagi, Ada juga sebuah air terjun yang terus mengalir di Salawati. Selanjutnya, anda bisa pergi ke pulau ayau. Pulau ini terdiri dari pulau pulau kecil yang mengagumkan karna dihiasi oleh pasir pasir putih dan pulau nya juga saling terhubung. Ada lagi pulau pasir “Zandplaat”. Di sini merupakan habitat unik vegetasi lokal. Anda dapat melihat  ibu-ibu dan anak suku setempat menangkap cacing laut (insonem). Adapun aktivitas lain yang dapat dilakukan adalah memberi makan kuskus, Bermain kayak, Menjelajahi pulau dengan perahu, Berpetualang di gua kelelawar ‘bukan kelelawar varietas Dark Knight’, Memancing secara tradisional Papua, Trekking untuk menemukan air terjun dan juga bisa membuat patung kayu sendiri yang dipandu oleh pengrajin Asmat. Pastikan untuk mendokumentasikan semua kegiatan anda. Mengelilingi kepulauan raja ampat Untuk dapat mengelilingi raja ampat anda bisa menghubungi agen wisata yang dapat di temukan di sorong. Terdapat beberapa tur yang ditawarkan antara lain tur mengelilingi pulau pulau raja ampat papua dan tur menyelam di raja ampat. Dari sorong Ada dua transportasi yang digunakan speed boat dan perahu panjang. Anda juga bisa menyewa perahu kecil untuk mengelilingi raja ampat yang indah ini. Ciptakanlah liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan walaupun hanya sekali ke raja ampat ini, semoga panduan ini dapat berguna untuk liburan anda.