Asal-usul Dan Perkembangan wayang TIDAK tercatat Beroperasi
Akurat seperti Sejarah. Namun Selalu orangutan Ingat Dan merasakan kehadiran
wayang hearts Kehidupan society. Wayang Akrab DENGAN 'masyarakat sejak PT KARYA
CIPTA PUTRA Hingga Sekarang, KARENA Memang wayang ITU merupakan shalat Satu
buah usaha akal budi bangsa Indonesia. Wayang Tampil sebagai seni budaya
tradisional, Dan merupakan Puncak budaya daerah adalah.
Menelusuri asal-usul wayang Beroperasi Ilmiah Memang Bukan HAL Yang Mudah. Sejak zaman penjajahan Belanda Hingga kini Banyak para cendikiawan Dan budayawan berusaha meneliti Dan menulis TENTANG wayang. Ada Persamaan, namun TIDAK Sedikit Yang saling-silang Pendapat. Hazeu BERBEDA Pendapat DENGAN Rassers Begitu pula pandangan Dari Pakar Indonesia seperti K.p.a. Kusumadilaga, Ranggawarsita, Suroto, Sri Mulyono Dan Lain-lain.
Pegelaran Wayang Kulit Jadul
Namun SEMUA cendikiawan tersebut Jelas membahas wayang Indonesia Dan menyatakan bahwa wayang ITU Sudah ADA Dan Berkembang sejak zaman kuna, Sekitar Tahun 1500 SM, JAUH SEBELUM agama and culture Dari Luar MASUK ke Indonesia.
Jadi, hearts wayang bentuknya Yang Masih sederhana Adalah asli Indonesia, Yang hearts Proses Perkembangan Penghasilan kena pajak berseniuhan DENGAN Unsur-unsur berbaring, Terus Berkembang maju sehingga Menjadi Ujud Dan isinya seperti Sekarang Penyanyi. Sudah Pasti Perkembangan ITU TIDAK akan Berhenti, melainkan akan berlanjut di masa-masa Mendatang.
Wayang Yang kitd lihat Sekarang Penyanyi BERBEDA DENGAN wayang PADA Masa Lalu, Begitu pula wayang di Masa Depan akan Berubah Sesuai zamannya. TIDAK ADA Sesuatu seni budaya Yang mandeg. Seni budaya akan Selalu Berubah Dan Berkembang, namun perubahan seni budaya wayang ini tidak berpengaruh Terhadap jati Dirinya, KARENA wayang has memiliki Landasan Yang Kokoh. Landasan utamanya Adalah Sifat "Hamot, Hamong, hamemangkat Yang menyebabkannya memiliki Daya tahan Dan Daya kembang wayang zaman Sepanjang.
Pegelaran Wayang Kulit modern
Hamot Adalah Keterbukaan untuk review MENERIMA pengaruh Dan masukan Dari hearts Dan Luar; Hamong Adalah kemampuan untuk review menyaring Unsur-unsur baru ITU Sesuai wayang Nilai-Nilai Yang ADA, untuk review Selanjutnya diangkat Menjadi Nilai-Nilai Yang Cocok DENGAN wayang sebagai Bekal untuk review Bergerak maju Sesuai Perkembangan society.
Hamemangkat ATAU memangkat Sesuatu Nilai Menjadi Nilai baru. Dan, Jelas ini tidak Mudah. Harus through Proses Panjang Yang dicerna DENGAN Cermat. Wayang Dan seni pedalangan Sudah membuktikan kemampuan ITU, berawal dari zaman kuna, zaman Hindu, masuknya agama Islam, zaman penjajahan Hingga zaman merdeka, Dan PADA masa Pembangunan Nasional dewasa Penyanyi. Kehidupan also merupakan global yang Tantangan Dan Sudah Barang tentu wayang akan diuji ketahanannya hearts menghadapinya.
Periodisasi
(Pembabakan Suatu masa)
Periodisasi Perkembangan budaya wayang also merupakan bahasa Yang menarik. Bermula zaman kuna ketika nenek moyang bangsa Indonesia Masih menganut animisme Dan dinamisme. Dalam Kepercayaan animisme Dan dinamisme Penyanyi Diyakini roh orangutan Yang Sudah Meninggal Masih Tetap Hidup, Dan Semua Benda ITU bernyawa Serta memiliki kekuatan. Roh-roh ITU can bersemayam di kayu-kayu gede, batu, sungai, gunung Dan Lain-lain. Paduan Dari animisme Dan dinamisme Penyanyi menempatkan roh nenek moyang Yang dulunya berkuasa, differences mempunyai Kuasa. Mereka Terus dipuja Dan dimintai pertolongan. Untuk review memuja roh nenek moyang Penyanyi, selain melakukan ritual Tertentu mereka mewujudkannya hearts Bentuk gambar Dan patung Roh nenek moyang Yang dipuja Penyanyi disebut "hyang" ATAU "dahyang".
Orang can Berhubungan DENGAN para hyang Penyanyi untuk review Minta pertolongan Dan Perlindungan, menengah through seorang yang disebut 'syaman'. Ritual pemujaan nenek moyang, Hyang Dan syaman Inilah Yang merupakan asal mula Pertunjukan wayang. Hyang Menjadi wayang, ritual Kepercayaan ITU Menjadi jalannya Pentas Dan syaman Menjadi dalang. Sedangkan ceritanya Adalah petualangan Dan Pengalaman nenek moyang. Bahasa Yang digunakan Adalah bahasa Jawa Asli Yang Hingga Sekarang Masih Dipakai. Jadi, wayang ITU berasal Dari ritual Kepercayaan nenek moyang bangsa Indonesia di Sekitar Tahun L500 SM.
Berasal Dari zaman animisme, wayang Terus mengikuti Perjalanan Sejarah bangsa Sampai PADA masuknya agama Hindu di Indonesia Sekitar Abad keenam. Bangsa Indonesia Mulai berseniuhan DENGAN Peradaban Tinggi Dan BERHASIL Membangun Kerajaan-Kerajaan seperti Kutai, Tarumanegara, bahkan Sriwijaya Yang gede Dan jaya. PADA masa ITU wayang pun Berkembang PESAT, mendapat Pondasi Yang Kokoh sebagai Suatu karya seni Yang BERMUTU Tinggi.
Pertunjukan roh nenek moyang ITU kemudian dikembangkan DENGAN cerita Yang LEBIH berbobot, Ramayana Dan Mahabarata. Selama Abad X Hingga XV, wayang Berkembang hearts Rangka ritual Agama dan Pendidikan ditunjukan kepada society. PADA masa Penyanyi has Mulai Ditulis different cerita TENTANG wayang. Semasa Kerajaan Kediri, Singasari Dan Majapahit kepustakaan wayang mencapai puncaknya seperti tercatat PADA prasasti di candi-candi, karya sastra Yang Ditulis oleh Empu Sendok, Empu Sedah, Empu Panuluh, Empu Tantular Dan Lain-lain. Karya sastra wayang Yang Terkenal Dari zaman Hindu ITU ANTARA berbaring Baratayuda, Arjuna Wiwaha, Sudamala, sedangkan pergelaran wayang Sudah Bagus, diperkaya Lagi DENGAN penciptaan peraga wayang Terbuat dari kulit Yang dipahat, diiringi gamelan hearts tatanan Pentas Yang Bagus DENGAN cerita Ramayana Dan Mahabarata. Pergelaran wayang mencapai MUTU seni Yang Tinggi Sampai Sampai digambarkan "Hannonton ringgit Menangis esekel", tontonan wayang Sangat mengharukan.
wayang Orang
Menarik untuk review diperhatikan Cerita Ramayana Dan Mahabarata Yang asli berasal Dari India, has diterima hearts pergelaran wayang Indonesia sejak zaman Hindu Hingga Sekarang. Wayang SeolAh-olah identik DENGAN Ramayana Dan Mahabarata. Namun Perlu dimengerti bahwa Ramayana Dan Mahabarata versi India ITU Sudah Banyak Berubah. Berubah alur ceritanya; kalau Ramayana Dan Mahabarata India merupakan cerita Yang BERBEDA Satu DENGAN lainnya, di Indoenesia Menjadi Satu Kesatuan. Dalam pewayangan cerita ITU bermula Dari kisah Ramayana Terus bersambung DENGAN Mahabarata, malahan dilanjutkan DENGAN kisah zaman Kerajaan Kediri. Mahabarata asli Berisi 20 parwa, sedangkan di Indonesia Tinggal 18 parwa. (Artikel, cerita, Kesusastraan Jawa Kuna).
Yang Sangat menonjol perbedaannya Adalah falsafah Yang mendasari kedua cerita ITU. Lebih,-LEBIH Penghasilan kena pajak masuknya agama Islam. Falsafah Ramayana Dan Mahabarata Yang Hinduisme diolah sedemikian rupa sehingga Menjadi diwarnai agama Nilai-Nilai Islam. Hal Penyanyi ANTARA berbaring Tampak PADA kedudukan dewa, Garis keturunan Yang patriarkhat, Dan sebagainya. Wayang diperkaya Lagi DENGAN Begitu banyaknya cerita gubahan baru Yang can disebut lakon "carangan", Maka Ramayana Dan Mahabarata Benar-Benar BERBEDA DENGAN aslinya. Begitu pula, Ramayana Dan Mahabarata hearts pewayangan TIDAK sama DENGAN Ramayana Dan Mahabarata Yang Berkembang di Myanmar, Thailand, Kamboja, Dan di Tempat-Tempat lainnya. Ramayana Dan Mahabarata Dari India ITU Sudah Menjadi Indonesia KARENA diwarnai Oleh budaya asli Dan Nilai-Nilai budaya Yang ADA di Nusantara.
Rama & Shinta
Di Indonesia, walaupun cerita Ramayana Dan Mahabarata sama-sama Berkembang hearts pewayangan, tetapi Mahabarata digarap LEBIH tuntas Oleh para budayawan Dan pujangga kitd. Different lakon carangan Dan sempalan, kebanyakan mengambil Mahabarata sebagai inti cerita.
Masuknya agama Islam di Indonesia PADA Abad ke-15, membawa perubahan gede Terhadap Kehidupan 'masyarakat Indonesia. Begitu pula wayang has mengalami masa Pembaharuan. Pembaharuan gede-besaran, TIDAK Saja hearts Bentuk Dan Cara pergelaran wayang, melainkan also isi Dan fungsinya. Berangkat Dari perubahan Nilai-Nilai Yang dianut, Maka wayang PADA zaman Demak Dan seterusnya has mengalami penyesuaian DENGAN zamannya. Bentuk wayang Yang Semula realistik proporsional seperti tertera hearts bantuan candi-candi, distilir Menjadi Bentuk imajinatif seperti wayang Sekarang Penyanyi. Selain ITU, Banyak Sekali Tambahan Dan Pembaharuan hearts Peralatan seperti kelir ATAU Layar, blencong, ATAU lampu, debog Yaitu pohon pisang untuk review menancapkan wayang, Dan Masih Banyak Lagi.
Para wali Dan pujangga Jawa mengadakan Pembaharuan Yang berlangsung Terus menerus Sesuai Perkembangan zaman Dan Keperluan PADA Waktu ITU, utamanya wayang digunakan sebagai sarana dakwah Islam. Sesuai Nilai Islam Yang dianut, isi Dan fungsi fungsi wayang has bergeser Dari ritual agama (Hindu) Menjadi sarana Pendidikan, dakwah, Penerangan, Dan communication massa. Ternyata wayang Yang has Diperbaharui kontekstual DENGAN Perkembangan agama Islam dan society, Menjadi Sangat Efektif untuk review communication massa hearts memberikan Hiburan Serta Pesan-Pesan ditunjukan kepada khalayak. Fungsi Dan Peranan Penyanyi Terus berlanjut Hingga dewasa Penyanyi.
gambar Sunan Kalijaga
Dalang Wanita Cantiq
Perkembangan wayang Semakin MENINGKAT PADA masa Penghasilan kena pajak Demak, memasuki era Kerajaan-Kerajaan Jawa seperti Pajang, Mataram, Kartasura, Surakarta, Dan Yogyakarta. Banyak Sekali pujangga-pujangga Yang menulis TENTANG wayang, creates wayang-wayang baru. Para Seniman wayang Banyak MEMBUAT kreasi-kreasi Yang kian memperkaya wayang.
Begitu pula para dalang Semakin profesional hearts menggelar Pertunjukan wayang, tak henti-hentinya Terus mengembangkan seni tradisional Penyanyi. Mencari Google Artikel Upaya Yang tak kunjung henti Penyanyi, hasil temuan membuahkan Yang menggembirakan Dan membanggakan, wayang dan Seni pedalangan Menjadi seni Yang BERMUTU Tinggi, DENGAN sebutan "Adiluhung". Wayang Terbukti Mampu Tampil sebagai tontonan Yang menarik Sekaligus menyampaikan Pesan-Pesan Keutamaan moral yang Hidup. Dari Landasan Perkembangan wayang tersebut di differences, Tampak bahwa Memang wayang ITU berasal Dari pemujaan nenek moyang PADA zaman kuna, dikembangkan PADA zaman Hindu, kemudian diadakan Pembaharuan PADA zaman masuknya agama Islam dan Terus mengalami Perkembangan Dari zaman Kerajaan-Kerajaan Jawa, zaman penjajahan, zaman Kemerdekaan Hingga kini.
Indonesia Asli
Asal-usul wayang Menjadi Jelas, asli Khas Ciri Indonesia Yang Berkembang Sesuai budi Daya Masyarakat DENGAN Wayang Indonesia memiliki Yang merupakan jatidirinya. Sangat Mudah dibedakan DENGAN seni budaya sejenis Yang Berkembang di India, Cina, Dan negara-gatra di Kawasan Asia Tenggara. TIDAK Saja BERBEDA Bentuk Serta Cara pementasannya, cerita Ramayana Dan Mahabarata Yang digunakan also can BERBEDA. Cerita Terkenal Penyanyi Sudah digubah Sesuai Nilai Dan Kondisi Yang Hidup Dan Berkembang di Indonesia.
Keaslian wayang can ditelusuri Dari PENGGUNAAN bahasa seperti wayang, kelir, blencong, kepyak, dalang, kotak, Dan lain-lain. Kesemuanya ITU bahasa Jawa Asli. BERBEDA such as inviting participation DENGAN Cempala Yaitu alat pengetuk kotak, Adalah bahasa Sansekerta. Wayang asli MENERIMA pengaruh Dari India. Bahasa hearts wayang Penyanyi Terus Berkembang Beroperasi pelan namun Pasti Dari bahasa Jawa Kuna ATAU bahasa Kawi, bahasa Jawa Baru dan Bukan TIDAK mungkin Kelak wayang Penyanyi akan using bahasa Indonesia. Wayang Selalu using bahasa Campuran Yang biasa disebut 'basa rinengga' maksudnya bahasa Yang has disusun Indah Sesuai kegunaannya. Dalam seni pedalangan, kedudukan sastra amat Penting Dan Harus dikuasai DENGAN Baik Oleh para dalang.
Sendratari Ramayana
Bentuk peraga wayang also mengujudkan keaslian wayang Indonesia, KARENA Bentuk stilasi peraga wayang Yang imajinatif Dan Indah ITU merupakan Proses Panjang seni kriya wayang Yang dilakukan Oleh para pujangga Dan Seniman Perajin PT KARYA CIPTA PUTRA Indonesia sejak. Begitu majunya Dan seni rupa, wayang Sudah mencapai Tingkat 'Sempurna'. PENILAIAN obyektif Penyanyi, TIDAK Berlebihan, apabila dibandingkan DENGAN Bentuk-Bentuk peraga wayang ATAU seni boneka Dari mancanegara.
Sarat DENGAN falsafah
Kekuatan Utama budaya wayang, Yang also merupakan jati Dirinya, Adalah Kandungan Nilai falsafahnya. Wayang Yang Tumbuh Dan Berkembang sejak lama ITU Ternyata BERHASIL menyerap different Nilai-Nilai Keutamaan Hidup Dan Terus can be dilestarikan hearts different Pertunjukan wayang.
Bertolak Dari pemujaan nenek moyang, wayang Yang Sudah Sangat religius, mendapat masukan agama Hindu, sehingga wayang Semakin ritual Media KUAT sebagai Dan pembawa Pesan etika. Memasuki pengaruh agama Islam, Kokoh Sudah Landasan wayang sebagai tontonan Yang mengandung Tuntutan Yaitu Acuan moral yang budi luhur Menuju terwujudnya 'akhlaqulkarimah'.
Proses akulturasi Kandungan isi wayang ITU meneguhkan POSISI wayang sebagai shalat Satu Sumber etika Dan falsafah Yang Beroperasi tekun Dan berlanjut disampaikan ditunjukan kepada society. Oleh KARENA ITU ADA Pendapat, wayang ITU tak ubahnya sebagai buku falsafah, Yaitu falsafah Nusantara Yang can Dipakai Sumber etika hearts Kehidupan Pribadi Dan bermasyarakat.
Wayang Bukan Lagi Sekedar tontonan bayang-bayang ATAU 'wayang, melainkan sebagai' wewayangane ngaurip 'Yaitu Bayangan Hidup Manusia. Dalam Suatu wayang Pertunjukan, can be dinalar Dan Dirasakan bagaimana Kehidupan Manusia ITU Dari lahir Hingga mati. Perjalanan Hidup Manusia untuk review Berjuang menegakkan yang Benar DENGAN mengalahkan Yang shalat. Dari Pertunjukan wayang can be TIMAH Pesan untuk review Hidup Penuh amal saleh guna get keridloan Illahi.
Wayang also can be Beroperasi Nyata menggambarkan konsepsi Hidup 'sangkan paraning dumadi', Manusia berasal Dari Tuhan Dan akan Kembali keharibaan-Nya. Banyak ditemui seni budaya semacam wayang Yang dikenal DENGAN 'wayang', namun Yang seindah Dan sedalam maknanya Sulit menandingi Wayang Kulit Purwa.
Itulah asal-usul wayang Indonesia, asli Indonesia Yang Senantiasa Berkembang Dari Waktu Ke Waktu. Beroperasi Dinamis mengantisipasi Perkembangan Dan Kemajuan zaman.
Organisasi Pewayangan
Perkembangan wayang Dari Waktu Ke Waktu selain didukung Oleh society, also digerakkan Oleh Lembaga-Lembaga Swadaya Masyarakat, Bukan Oleh Pemerintah. PT KARYA CIPTA PUTRA keraton Menjadi Pusat Dan Acuan development wayang dan Seni pedalangan. Peranan keraton beralih PADA Lembaga-Lembaga Masyarakat ANTARA berbaring Berupa sanggar-sanggar, Lembaga Pendidikan, paguyuban-paguyuban budaya, kesenian Dan hearts jaman modern yang Sekarang Penyanyi has Tampil pula organizations pewayangan. Organisasi pewayangan bersifat Lokal ADA pula Yang bersifat nasional. Organisasi pewayangan Dan pedalangan Yang bersifat nasional Adalah Persatuan Pedalangan Indonesia ATAU PEPADI Dan SENAWANGI ATAU Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia. Dua organisasi serta pewayangan Yang Sekarang berkiprah hearts Upaya melestarikan Dan mengembangkan wayang.
SENAWANGI ATAU merupakan organisasi serta pewayangan terkemuka Dan terkonsolidasikan DENGAN Baik. Didirikan PADA Tahun 1975, di Jakarta. SETIAP 5 Tahun Sekali, menyelenggarakan Pekan Wayang Indonesia, Yang merupakan Puncak activities pewayangan. Bersamaan DENGAN Pekan Wayang, dilaksanakan pula Kongres SENA WANGI. Pada Bulan Agustus 1999, diselenggarakan Pekan Wayang Indonesia VII Dan Kongres SENA WANGI Yang Ke Enam. SENAWANGI Mengelola Gedung Pewayangan Kautaman Yang terletak di Kompleks TMII Jakarta Timur. Diupayakan gedung Penyanyi can Menjadi Pusat Pewayangan Indonesia Dan Dunia.
PEPADI organisasi serta Profesi Yang beranggotakan para dalang, pengrawit Dan swarawati memiliki Cabang di Seluruh Wilayah Indonesia. Banyak Bergerak hearts activities Pagelaran wayang, Pendidikan dan Pelatihan Dan Lain-lain.
Menelusuri asal-usul wayang Beroperasi Ilmiah Memang Bukan HAL Yang Mudah. Sejak zaman penjajahan Belanda Hingga kini Banyak para cendikiawan Dan budayawan berusaha meneliti Dan menulis TENTANG wayang. Ada Persamaan, namun TIDAK Sedikit Yang saling-silang Pendapat. Hazeu BERBEDA Pendapat DENGAN Rassers Begitu pula pandangan Dari Pakar Indonesia seperti K.p.a. Kusumadilaga, Ranggawarsita, Suroto, Sri Mulyono Dan Lain-lain.
Pegelaran Wayang Kulit Jadul
Namun SEMUA cendikiawan tersebut Jelas membahas wayang Indonesia Dan menyatakan bahwa wayang ITU Sudah ADA Dan Berkembang sejak zaman kuna, Sekitar Tahun 1500 SM, JAUH SEBELUM agama and culture Dari Luar MASUK ke Indonesia.
Jadi, hearts wayang bentuknya Yang Masih sederhana Adalah asli Indonesia, Yang hearts Proses Perkembangan Penghasilan kena pajak berseniuhan DENGAN Unsur-unsur berbaring, Terus Berkembang maju sehingga Menjadi Ujud Dan isinya seperti Sekarang Penyanyi. Sudah Pasti Perkembangan ITU TIDAK akan Berhenti, melainkan akan berlanjut di masa-masa Mendatang.
Wayang Yang kitd lihat Sekarang Penyanyi BERBEDA DENGAN wayang PADA Masa Lalu, Begitu pula wayang di Masa Depan akan Berubah Sesuai zamannya. TIDAK ADA Sesuatu seni budaya Yang mandeg. Seni budaya akan Selalu Berubah Dan Berkembang, namun perubahan seni budaya wayang ini tidak berpengaruh Terhadap jati Dirinya, KARENA wayang has memiliki Landasan Yang Kokoh. Landasan utamanya Adalah Sifat "Hamot, Hamong, hamemangkat Yang menyebabkannya memiliki Daya tahan Dan Daya kembang wayang zaman Sepanjang.
Pegelaran Wayang Kulit modern
Hamot Adalah Keterbukaan untuk review MENERIMA pengaruh Dan masukan Dari hearts Dan Luar; Hamong Adalah kemampuan untuk review menyaring Unsur-unsur baru ITU Sesuai wayang Nilai-Nilai Yang ADA, untuk review Selanjutnya diangkat Menjadi Nilai-Nilai Yang Cocok DENGAN wayang sebagai Bekal untuk review Bergerak maju Sesuai Perkembangan society.
Hamemangkat ATAU memangkat Sesuatu Nilai Menjadi Nilai baru. Dan, Jelas ini tidak Mudah. Harus through Proses Panjang Yang dicerna DENGAN Cermat. Wayang Dan seni pedalangan Sudah membuktikan kemampuan ITU, berawal dari zaman kuna, zaman Hindu, masuknya agama Islam, zaman penjajahan Hingga zaman merdeka, Dan PADA masa Pembangunan Nasional dewasa Penyanyi. Kehidupan also merupakan global yang Tantangan Dan Sudah Barang tentu wayang akan diuji ketahanannya hearts menghadapinya.
Periodisasi
(Pembabakan Suatu masa)
Periodisasi Perkembangan budaya wayang also merupakan bahasa Yang menarik. Bermula zaman kuna ketika nenek moyang bangsa Indonesia Masih menganut animisme Dan dinamisme. Dalam Kepercayaan animisme Dan dinamisme Penyanyi Diyakini roh orangutan Yang Sudah Meninggal Masih Tetap Hidup, Dan Semua Benda ITU bernyawa Serta memiliki kekuatan. Roh-roh ITU can bersemayam di kayu-kayu gede, batu, sungai, gunung Dan Lain-lain. Paduan Dari animisme Dan dinamisme Penyanyi menempatkan roh nenek moyang Yang dulunya berkuasa, differences mempunyai Kuasa. Mereka Terus dipuja Dan dimintai pertolongan. Untuk review memuja roh nenek moyang Penyanyi, selain melakukan ritual Tertentu mereka mewujudkannya hearts Bentuk gambar Dan patung Roh nenek moyang Yang dipuja Penyanyi disebut "hyang" ATAU "dahyang".
Orang can Berhubungan DENGAN para hyang Penyanyi untuk review Minta pertolongan Dan Perlindungan, menengah through seorang yang disebut 'syaman'. Ritual pemujaan nenek moyang, Hyang Dan syaman Inilah Yang merupakan asal mula Pertunjukan wayang. Hyang Menjadi wayang, ritual Kepercayaan ITU Menjadi jalannya Pentas Dan syaman Menjadi dalang. Sedangkan ceritanya Adalah petualangan Dan Pengalaman nenek moyang. Bahasa Yang digunakan Adalah bahasa Jawa Asli Yang Hingga Sekarang Masih Dipakai. Jadi, wayang ITU berasal Dari ritual Kepercayaan nenek moyang bangsa Indonesia di Sekitar Tahun L500 SM.
Berasal Dari zaman animisme, wayang Terus mengikuti Perjalanan Sejarah bangsa Sampai PADA masuknya agama Hindu di Indonesia Sekitar Abad keenam. Bangsa Indonesia Mulai berseniuhan DENGAN Peradaban Tinggi Dan BERHASIL Membangun Kerajaan-Kerajaan seperti Kutai, Tarumanegara, bahkan Sriwijaya Yang gede Dan jaya. PADA masa ITU wayang pun Berkembang PESAT, mendapat Pondasi Yang Kokoh sebagai Suatu karya seni Yang BERMUTU Tinggi.
Pertunjukan roh nenek moyang ITU kemudian dikembangkan DENGAN cerita Yang LEBIH berbobot, Ramayana Dan Mahabarata. Selama Abad X Hingga XV, wayang Berkembang hearts Rangka ritual Agama dan Pendidikan ditunjukan kepada society. PADA masa Penyanyi has Mulai Ditulis different cerita TENTANG wayang. Semasa Kerajaan Kediri, Singasari Dan Majapahit kepustakaan wayang mencapai puncaknya seperti tercatat PADA prasasti di candi-candi, karya sastra Yang Ditulis oleh Empu Sendok, Empu Sedah, Empu Panuluh, Empu Tantular Dan Lain-lain. Karya sastra wayang Yang Terkenal Dari zaman Hindu ITU ANTARA berbaring Baratayuda, Arjuna Wiwaha, Sudamala, sedangkan pergelaran wayang Sudah Bagus, diperkaya Lagi DENGAN penciptaan peraga wayang Terbuat dari kulit Yang dipahat, diiringi gamelan hearts tatanan Pentas Yang Bagus DENGAN cerita Ramayana Dan Mahabarata. Pergelaran wayang mencapai MUTU seni Yang Tinggi Sampai Sampai digambarkan "Hannonton ringgit Menangis esekel", tontonan wayang Sangat mengharukan.
wayang Orang
Menarik untuk review diperhatikan Cerita Ramayana Dan Mahabarata Yang asli berasal Dari India, has diterima hearts pergelaran wayang Indonesia sejak zaman Hindu Hingga Sekarang. Wayang SeolAh-olah identik DENGAN Ramayana Dan Mahabarata. Namun Perlu dimengerti bahwa Ramayana Dan Mahabarata versi India ITU Sudah Banyak Berubah. Berubah alur ceritanya; kalau Ramayana Dan Mahabarata India merupakan cerita Yang BERBEDA Satu DENGAN lainnya, di Indoenesia Menjadi Satu Kesatuan. Dalam pewayangan cerita ITU bermula Dari kisah Ramayana Terus bersambung DENGAN Mahabarata, malahan dilanjutkan DENGAN kisah zaman Kerajaan Kediri. Mahabarata asli Berisi 20 parwa, sedangkan di Indonesia Tinggal 18 parwa. (Artikel, cerita, Kesusastraan Jawa Kuna).
Yang Sangat menonjol perbedaannya Adalah falsafah Yang mendasari kedua cerita ITU. Lebih,-LEBIH Penghasilan kena pajak masuknya agama Islam. Falsafah Ramayana Dan Mahabarata Yang Hinduisme diolah sedemikian rupa sehingga Menjadi diwarnai agama Nilai-Nilai Islam. Hal Penyanyi ANTARA berbaring Tampak PADA kedudukan dewa, Garis keturunan Yang patriarkhat, Dan sebagainya. Wayang diperkaya Lagi DENGAN Begitu banyaknya cerita gubahan baru Yang can disebut lakon "carangan", Maka Ramayana Dan Mahabarata Benar-Benar BERBEDA DENGAN aslinya. Begitu pula, Ramayana Dan Mahabarata hearts pewayangan TIDAK sama DENGAN Ramayana Dan Mahabarata Yang Berkembang di Myanmar, Thailand, Kamboja, Dan di Tempat-Tempat lainnya. Ramayana Dan Mahabarata Dari India ITU Sudah Menjadi Indonesia KARENA diwarnai Oleh budaya asli Dan Nilai-Nilai budaya Yang ADA di Nusantara.
Rama & Shinta
Di Indonesia, walaupun cerita Ramayana Dan Mahabarata sama-sama Berkembang hearts pewayangan, tetapi Mahabarata digarap LEBIH tuntas Oleh para budayawan Dan pujangga kitd. Different lakon carangan Dan sempalan, kebanyakan mengambil Mahabarata sebagai inti cerita.
Masuknya agama Islam di Indonesia PADA Abad ke-15, membawa perubahan gede Terhadap Kehidupan 'masyarakat Indonesia. Begitu pula wayang has mengalami masa Pembaharuan. Pembaharuan gede-besaran, TIDAK Saja hearts Bentuk Dan Cara pergelaran wayang, melainkan also isi Dan fungsinya. Berangkat Dari perubahan Nilai-Nilai Yang dianut, Maka wayang PADA zaman Demak Dan seterusnya has mengalami penyesuaian DENGAN zamannya. Bentuk wayang Yang Semula realistik proporsional seperti tertera hearts bantuan candi-candi, distilir Menjadi Bentuk imajinatif seperti wayang Sekarang Penyanyi. Selain ITU, Banyak Sekali Tambahan Dan Pembaharuan hearts Peralatan seperti kelir ATAU Layar, blencong, ATAU lampu, debog Yaitu pohon pisang untuk review menancapkan wayang, Dan Masih Banyak Lagi.
Para wali Dan pujangga Jawa mengadakan Pembaharuan Yang berlangsung Terus menerus Sesuai Perkembangan zaman Dan Keperluan PADA Waktu ITU, utamanya wayang digunakan sebagai sarana dakwah Islam. Sesuai Nilai Islam Yang dianut, isi Dan fungsi fungsi wayang has bergeser Dari ritual agama (Hindu) Menjadi sarana Pendidikan, dakwah, Penerangan, Dan communication massa. Ternyata wayang Yang has Diperbaharui kontekstual DENGAN Perkembangan agama Islam dan society, Menjadi Sangat Efektif untuk review communication massa hearts memberikan Hiburan Serta Pesan-Pesan ditunjukan kepada khalayak. Fungsi Dan Peranan Penyanyi Terus berlanjut Hingga dewasa Penyanyi.
gambar Sunan Kalijaga
Dalang Wanita Cantiq
Perkembangan wayang Semakin MENINGKAT PADA masa Penghasilan kena pajak Demak, memasuki era Kerajaan-Kerajaan Jawa seperti Pajang, Mataram, Kartasura, Surakarta, Dan Yogyakarta. Banyak Sekali pujangga-pujangga Yang menulis TENTANG wayang, creates wayang-wayang baru. Para Seniman wayang Banyak MEMBUAT kreasi-kreasi Yang kian memperkaya wayang.
Begitu pula para dalang Semakin profesional hearts menggelar Pertunjukan wayang, tak henti-hentinya Terus mengembangkan seni tradisional Penyanyi. Mencari Google Artikel Upaya Yang tak kunjung henti Penyanyi, hasil temuan membuahkan Yang menggembirakan Dan membanggakan, wayang dan Seni pedalangan Menjadi seni Yang BERMUTU Tinggi, DENGAN sebutan "Adiluhung". Wayang Terbukti Mampu Tampil sebagai tontonan Yang menarik Sekaligus menyampaikan Pesan-Pesan Keutamaan moral yang Hidup. Dari Landasan Perkembangan wayang tersebut di differences, Tampak bahwa Memang wayang ITU berasal Dari pemujaan nenek moyang PADA zaman kuna, dikembangkan PADA zaman Hindu, kemudian diadakan Pembaharuan PADA zaman masuknya agama Islam dan Terus mengalami Perkembangan Dari zaman Kerajaan-Kerajaan Jawa, zaman penjajahan, zaman Kemerdekaan Hingga kini.
Indonesia Asli
Asal-usul wayang Menjadi Jelas, asli Khas Ciri Indonesia Yang Berkembang Sesuai budi Daya Masyarakat DENGAN Wayang Indonesia memiliki Yang merupakan jatidirinya. Sangat Mudah dibedakan DENGAN seni budaya sejenis Yang Berkembang di India, Cina, Dan negara-gatra di Kawasan Asia Tenggara. TIDAK Saja BERBEDA Bentuk Serta Cara pementasannya, cerita Ramayana Dan Mahabarata Yang digunakan also can BERBEDA. Cerita Terkenal Penyanyi Sudah digubah Sesuai Nilai Dan Kondisi Yang Hidup Dan Berkembang di Indonesia.
Keaslian wayang can ditelusuri Dari PENGGUNAAN bahasa seperti wayang, kelir, blencong, kepyak, dalang, kotak, Dan lain-lain. Kesemuanya ITU bahasa Jawa Asli. BERBEDA such as inviting participation DENGAN Cempala Yaitu alat pengetuk kotak, Adalah bahasa Sansekerta. Wayang asli MENERIMA pengaruh Dari India. Bahasa hearts wayang Penyanyi Terus Berkembang Beroperasi pelan namun Pasti Dari bahasa Jawa Kuna ATAU bahasa Kawi, bahasa Jawa Baru dan Bukan TIDAK mungkin Kelak wayang Penyanyi akan using bahasa Indonesia. Wayang Selalu using bahasa Campuran Yang biasa disebut 'basa rinengga' maksudnya bahasa Yang has disusun Indah Sesuai kegunaannya. Dalam seni pedalangan, kedudukan sastra amat Penting Dan Harus dikuasai DENGAN Baik Oleh para dalang.
Sendratari Ramayana
Bentuk peraga wayang also mengujudkan keaslian wayang Indonesia, KARENA Bentuk stilasi peraga wayang Yang imajinatif Dan Indah ITU merupakan Proses Panjang seni kriya wayang Yang dilakukan Oleh para pujangga Dan Seniman Perajin PT KARYA CIPTA PUTRA Indonesia sejak. Begitu majunya Dan seni rupa, wayang Sudah mencapai Tingkat 'Sempurna'. PENILAIAN obyektif Penyanyi, TIDAK Berlebihan, apabila dibandingkan DENGAN Bentuk-Bentuk peraga wayang ATAU seni boneka Dari mancanegara.
Sarat DENGAN falsafah
Kekuatan Utama budaya wayang, Yang also merupakan jati Dirinya, Adalah Kandungan Nilai falsafahnya. Wayang Yang Tumbuh Dan Berkembang sejak lama ITU Ternyata BERHASIL menyerap different Nilai-Nilai Keutamaan Hidup Dan Terus can be dilestarikan hearts different Pertunjukan wayang.
Bertolak Dari pemujaan nenek moyang, wayang Yang Sudah Sangat religius, mendapat masukan agama Hindu, sehingga wayang Semakin ritual Media KUAT sebagai Dan pembawa Pesan etika. Memasuki pengaruh agama Islam, Kokoh Sudah Landasan wayang sebagai tontonan Yang mengandung Tuntutan Yaitu Acuan moral yang budi luhur Menuju terwujudnya 'akhlaqulkarimah'.
Proses akulturasi Kandungan isi wayang ITU meneguhkan POSISI wayang sebagai shalat Satu Sumber etika Dan falsafah Yang Beroperasi tekun Dan berlanjut disampaikan ditunjukan kepada society. Oleh KARENA ITU ADA Pendapat, wayang ITU tak ubahnya sebagai buku falsafah, Yaitu falsafah Nusantara Yang can Dipakai Sumber etika hearts Kehidupan Pribadi Dan bermasyarakat.
Wayang Bukan Lagi Sekedar tontonan bayang-bayang ATAU 'wayang, melainkan sebagai' wewayangane ngaurip 'Yaitu Bayangan Hidup Manusia. Dalam Suatu wayang Pertunjukan, can be dinalar Dan Dirasakan bagaimana Kehidupan Manusia ITU Dari lahir Hingga mati. Perjalanan Hidup Manusia untuk review Berjuang menegakkan yang Benar DENGAN mengalahkan Yang shalat. Dari Pertunjukan wayang can be TIMAH Pesan untuk review Hidup Penuh amal saleh guna get keridloan Illahi.
Wayang also can be Beroperasi Nyata menggambarkan konsepsi Hidup 'sangkan paraning dumadi', Manusia berasal Dari Tuhan Dan akan Kembali keharibaan-Nya. Banyak ditemui seni budaya semacam wayang Yang dikenal DENGAN 'wayang', namun Yang seindah Dan sedalam maknanya Sulit menandingi Wayang Kulit Purwa.
Itulah asal-usul wayang Indonesia, asli Indonesia Yang Senantiasa Berkembang Dari Waktu Ke Waktu. Beroperasi Dinamis mengantisipasi Perkembangan Dan Kemajuan zaman.
Organisasi Pewayangan
Perkembangan wayang Dari Waktu Ke Waktu selain didukung Oleh society, also digerakkan Oleh Lembaga-Lembaga Swadaya Masyarakat, Bukan Oleh Pemerintah. PT KARYA CIPTA PUTRA keraton Menjadi Pusat Dan Acuan development wayang dan Seni pedalangan. Peranan keraton beralih PADA Lembaga-Lembaga Masyarakat ANTARA berbaring Berupa sanggar-sanggar, Lembaga Pendidikan, paguyuban-paguyuban budaya, kesenian Dan hearts jaman modern yang Sekarang Penyanyi has Tampil pula organizations pewayangan. Organisasi pewayangan bersifat Lokal ADA pula Yang bersifat nasional. Organisasi pewayangan Dan pedalangan Yang bersifat nasional Adalah Persatuan Pedalangan Indonesia ATAU PEPADI Dan SENAWANGI ATAU Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia. Dua organisasi serta pewayangan Yang Sekarang berkiprah hearts Upaya melestarikan Dan mengembangkan wayang.
SENAWANGI ATAU merupakan organisasi serta pewayangan terkemuka Dan terkonsolidasikan DENGAN Baik. Didirikan PADA Tahun 1975, di Jakarta. SETIAP 5 Tahun Sekali, menyelenggarakan Pekan Wayang Indonesia, Yang merupakan Puncak activities pewayangan. Bersamaan DENGAN Pekan Wayang, dilaksanakan pula Kongres SENA WANGI. Pada Bulan Agustus 1999, diselenggarakan Pekan Wayang Indonesia VII Dan Kongres SENA WANGI Yang Ke Enam. SENAWANGI Mengelola Gedung Pewayangan Kautaman Yang terletak di Kompleks TMII Jakarta Timur. Diupayakan gedung Penyanyi can Menjadi Pusat Pewayangan Indonesia Dan Dunia.
PEPADI organisasi serta Profesi Yang beranggotakan para dalang, pengrawit Dan swarawati memiliki Cabang di Seluruh Wilayah Indonesia. Banyak Bergerak hearts activities Pagelaran wayang, Pendidikan dan Pelatihan Dan Lain-lain.
Budaya wayang diperkirakan Sudah lahir di Indonesia SEBELUM
Abad Ke IX Masehi. Setidaknya PADA zaman Pemerintahan Prabu Airlangga, raja
Kahuripan (976 -1012), yakni ketika Kerajaan di Jawa Timur ITU sedang
makmur-makmurnya. Karya sastra Yang Menjadi Bahan cerita wayang Sudah Ditulis
oleh para pujangga Indonesia, sejak Abad X. Antara berbaring, naskah sastra
Kitab Ramayana Kakawin Berbahasa Jawa Kuna Ditulis PADA masa Pemerintahan raja
Dyah Balitung (989-910), Yang merupakan gubahan Dari Kitab Ramayana karangan
pujangga India Mpu Walmiki. Selanjutnya, para pujangga Jawa TIDAK Lagi Hanya
menerjemahkan Ramayana Dan Mahabarata Ke bahasa Jawa Kuna, tetapi menggubahnya
Dan menceritakan Kembali DENGAN deangan memperkaya falsafah Jawa kedalamnya.
Contohnya, karya Empu Kanwa - Kekawin Arjunawiwaha, Yang merupakan gubahan Yang
berinduk PADA Kitab Mahabarata. Gubahan Lain Adalah Kekawin Baratayuda karya
Empu Sedah Dan Empu Panuluh. Karya agung Penyanyi dikerjakan PADA masa
Pemerintahan Prabu Jayabaya, raja Kediri (1130-1160).
Wayang Adalah Bentuk pengejawantahan budaya Yang Sangat Istimewa KARENA memiliki Sifat-Sifat adiluhung Dan edipeni, Yaitu Sangat agung, luhur, Dan also Indah (etika Dan estetika). Para sarjana Dunia has menyebutkan wayang sebagai Bentuk drama Yang Paling Canggih di Dunia.
Wayang berfungsi sebagai tontonan Dan tuntunan, Dan merupakan Gabungan lima JENIS seni, yakni:
1. Seni Widya (filsafat Dan Pendidikan)
2. Seni Drama (Pentas Dan musik karawitan)
3. Seni Gatra (pahat dan Seni lukis)
4. Seni Ripta (sangit dan Sastra)
5. Seni Cipta (konsepsi Dan Ciptaan-Ciptaan Baru)
Wayang sebagai Kesenian Kuno, ditetapkan Oleh UNESCO sebagai shalat Satu Dari maha karya kesenian warisan Dunia 90 Yang Diakui. Penetapan ITU berdasarkan hasil temuan Sidang PADA UNESCO 20-24 November 2005 Lalu. Penetapan Penyanyi merupakan Yang Ketiga kalinya dilakukan Oleh badan Dunia tersebut Terhadap kesenian tradisional Indonesia. Penetapan Pertama dilakukan UNESCO PADA Tahun 2003 Lalu.
Wayang merupakan seni tradisional Indonesia Yang terutama Berkembang di Pulau Jawa Dan Bali. Pertunjukan wayang has Diakui Oleh UNESCO PADA Tanggal 7 November 2003, sebagai karya Kebudayaan Yang mengagumkan hearts Bidang cerita narasi Dan warisan Yang Indah Dan Sangat Berharga (Masterpiece of Lisan dan Takbenda Warisan Manusia).
Ada versi wayang Yang dimainkan Oleh orangutan DENGAN memakai kostum, Yang dikenal sebagai wayang orang, Dan ADA pula wayang Yang Berupa sekumpulan boneka Yang dimainkan Oleh dalang. Wayang Yang dimainkan dalang Penyanyi diantaranya Berupa wayang kulit ATAU wayang golek. Cerita Yang dikisahkan hearts Pagelaran wayang biasanya berasal Dari Mahabharata Dan Ramayana.
Pertunjukan wayang di SETIAP gatra memiliki teknik Dan gayanya Sendiri, DENGAN demikian wayang Indonesia merupakan Buatan orangutan Indonesia asli Yang memiliki cerita, hd Dan dalang Yang Luar Biasa.
Kadangkala repertoar cerita Panji Dan cerita Menak (cerita-cerita Islam) dipentaskan pula.
Wayang, Oleh para pendahulu negeri Penyanyi Sangat mengandung arti Yang Sangat hearts. Sunan Kali Jaga Dan Raden Patah Sangat berjasa hearts mengembangkan Wayang. Para Wali di Tanah Jawa Sudah mengatur sedemikian rupa Menjadi Tiga Bagian. Pertama Wayang Kulit di Jawa Timur, kedua Wayang Wong ATAU Wayang Orang di Jawa Tengah, Dan Ketiga Wayang Golek di Jawa Barat. Masing masing Sangat bekaitan Satu sama lain. Yaitu "Mana Yang Isi (Wayang Wong) Dan Mana Yang Kulit (Wayang Kulit) Harus dicari (Wayang Golek)".
Jenis-Beroperasi wayang
Wayang Kulit Adalah seni tradisional Indonesia, Yang terutama Berkembang di Jawa dan DI Sebelah timur Semenanjung Malaysia seperti di Kelantan Dan Terengganu. Wayang kulit dimainkan Oleh Seorang dalang Yang also Menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang, DENGAN diiringi Oleh musik gamelan Yang dimainkan sekelompok nayaga Dan tembang Yang dinyanyikan Oleh para pesinden. Dalang memainkan wayang kulit di balik kelir, Yaitu Layar Yang Terbuat Dari kain putih, SEMENTARA di belakangnya disorotkan lampu Listrik ATAU lampu minyak (blencong), sehingga para Penonton Yang berada di Sisi berbaring Dari Layar can be Melihat hal Bayangan wayang Yang Jatuh Ke kelir. Untuk review can be Memahami cerita wayang (lakon), Penonton Harus memiliki Pengetahuan akan tokoh-tokoh wayang Yang bayangannya Tampil di Layar. Beroperasi Umum wayang mengambil cerita Dari naskah Mahabharata Dan Ramayana, tetapi tak dibatasi Hanya DENGAN pakem (standard) tersebut, ki dalang can also memainkan lakon carangan (gubahan). Beberapa cerita diambil Dari cerita Panji. Pertunjukan wayang kulit has Diakui Oleh UNESCO PADA Tanggal 7 November 2003, sebagai karya Kebudayaan Yang mengagumkan hearts Bidang cerita narasi Dan warisan Yang Indah Dan Berharga (Masterpiece of Lisan dan Takbenda Warisan Manusia) .Wayang kulit LEBIH populer digunakan di Jawa Bagian Tengah Dan timur, sedangkan wayang golek LEBIH Sering dimainkan di Jawa Barat.
Wayang Kulit, Mahakarya Seni Pertunjukan Jawa
wayang Purwa
FUNGSI DAN Peran Pagelaran WAYANG PURWA BAGI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI BANGSA
Rupa Dan Bentuk wayang kulit purwa Jawa ditinjau Dari "mazhab" / "ALIRAN" nya.
wayang Madya
wayang Gedog
LEGENDA KEONG EMAS (3 Versi)
Legenda Damar Wulan
Harta Karun Cerita Panji
Wayang Dupara ATAU Wayang Kuluk
wayang Wahyu
wayang Suluh
wayang Kancil
WAYANG Kancil, DIILHAMI CERITA NABI SULAIMAN
Kempalan Tembang Macapat Wayang Kancil
wayang Calonarang
wayang Krucil
Nasib Wayang Krucil Yang terabaikan
wayang Ajen
Wayang Ajen Menyapa Audiens Muda
Wayang Ajen memukau Publik spanyol
wayang Sasak
wayang Sadat
wayang Parwa
wayang Landung
Barong Landung Dan Sejarahnya
wayang Kayu
Wayang Golek / Wayang Thengul (Bojonegoro)
Semar Versi Sunda
wayang Menak
Cerita Wayang Menak: "Menak lare"
Wayang Papak / Wayang Cepak
wayang Klithik
wayang Beber
Wayang Beber Nyaris punah
wayang Orang
Wayang orang disebut also DENGAN Istilah wayang wong (bahasa Jawa) Adalah wayang Yang dimainkan DENGAN using orangutan sebagai tokoh hearts cerita wayang tersebut. Sesuai DENGAN nama di sebutannya, wayang tersebut TIDAK Lagi dipergelarkan DENGAN memainkan boneka-boneka wayang (wayang kulit Yang biasanya Terbuat Dari Bahan kulit kerbau ataupun yang lain), akan tetapi menampilkan Manusia-Manusia sebagai Pengganti boneka-boneka wayang tersebut. Mereka memakai pakaian sama seperti hiasan-hiasan Yang Dipakai PADA wayang kulit. Supaya Bentuk Muka ATAU bangun Muka mereka menyerupai wayang kulit (kalau Dilihat Dari samping), Sering Kali Pemain wayang orang diubah Penyanyi / dihias mukanya DENGAN Tambahan gambar ATAU lukisan.
Wayang Gung (Kalimantan Selatan) Adalah sejenis kesenian wayang orang PADA suku Banjar di Kalimantan Selatan.
wayang Topeng
THE MASK - Pergelaran Topeng Langka Nusantara
wayang Suket
wayang Timplong
wayang Arya
Wayang Cina Dan Potehi
Wayang Cina di Jawa sebagai wujud akulturasi Budaya Dan Perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia
(Bagian 1)
(Bagian 2)
(Bagian 3)
(Bagian 4)
(Bagian 5)
(Bagian 6)
(Bagian 7) Tamat
wayang Gambuh
wayang Parwa
wayang Cupak
wayang Catur
Wayang Catur, Riwayatmu Kini ...
Aki IJA, Pelestari Wayang Catur
wayang Lilingong
Wayang Lilingong, Salah Satu Khazanah Budaya (Sunda) Yang Hilang
Jenis-Beroperasi wayang kulit * Menurut asal daerah adalah ATAU suku
Wayang also ADA Yang using bahasa Melayu Lokal seperti bahasa Betawi, english Palembang Dan bahasa Banjar.
Wayang Jawa Yogyakarta
Wayang Jawa Surakarta
Wayang Kulit Gagrag Banyumasan
Wayang Kulit gagrak Jawa Timuran, Sering disebut Wayak Jekdong (Bunyi musiknya Sering Jekdong)
wayang Bali
Wayang Bali dan Sejarahnya
I Wayan "Cenk Blonk" Nardayana: "Saya Ingin Wayang Jadi Hiburan Favorit"
Wayang Sasak (NTB)
Wayang Kulit Banjar (Kalimantan Selatan)
link
Wayang Palembang (Sumatera Selatan)
Wayang Palembang Nasibmu
Kehilangan Penerus, Wayang Palembang punah
Penghasilan kena pajak Dua Kali Mati Suri, Wayang Palembang Hidup Lagi
Wayang Betawi (Jakarta)
Wayang Cirebon (Jawa Barat)
Wayang Madura (Sudah punah)
Wayang Madura Berkembang di Pamekasan
wayang Siam
Wayang Adalah Bentuk pengejawantahan budaya Yang Sangat Istimewa KARENA memiliki Sifat-Sifat adiluhung Dan edipeni, Yaitu Sangat agung, luhur, Dan also Indah (etika Dan estetika). Para sarjana Dunia has menyebutkan wayang sebagai Bentuk drama Yang Paling Canggih di Dunia.
Wayang berfungsi sebagai tontonan Dan tuntunan, Dan merupakan Gabungan lima JENIS seni, yakni:
1. Seni Widya (filsafat Dan Pendidikan)
2. Seni Drama (Pentas Dan musik karawitan)
3. Seni Gatra (pahat dan Seni lukis)
4. Seni Ripta (sangit dan Sastra)
5. Seni Cipta (konsepsi Dan Ciptaan-Ciptaan Baru)
Wayang sebagai Kesenian Kuno, ditetapkan Oleh UNESCO sebagai shalat Satu Dari maha karya kesenian warisan Dunia 90 Yang Diakui. Penetapan ITU berdasarkan hasil temuan Sidang PADA UNESCO 20-24 November 2005 Lalu. Penetapan Penyanyi merupakan Yang Ketiga kalinya dilakukan Oleh badan Dunia tersebut Terhadap kesenian tradisional Indonesia. Penetapan Pertama dilakukan UNESCO PADA Tahun 2003 Lalu.
Wayang merupakan seni tradisional Indonesia Yang terutama Berkembang di Pulau Jawa Dan Bali. Pertunjukan wayang has Diakui Oleh UNESCO PADA Tanggal 7 November 2003, sebagai karya Kebudayaan Yang mengagumkan hearts Bidang cerita narasi Dan warisan Yang Indah Dan Sangat Berharga (Masterpiece of Lisan dan Takbenda Warisan Manusia).
Ada versi wayang Yang dimainkan Oleh orangutan DENGAN memakai kostum, Yang dikenal sebagai wayang orang, Dan ADA pula wayang Yang Berupa sekumpulan boneka Yang dimainkan Oleh dalang. Wayang Yang dimainkan dalang Penyanyi diantaranya Berupa wayang kulit ATAU wayang golek. Cerita Yang dikisahkan hearts Pagelaran wayang biasanya berasal Dari Mahabharata Dan Ramayana.
Pertunjukan wayang di SETIAP gatra memiliki teknik Dan gayanya Sendiri, DENGAN demikian wayang Indonesia merupakan Buatan orangutan Indonesia asli Yang memiliki cerita, hd Dan dalang Yang Luar Biasa.
Kadangkala repertoar cerita Panji Dan cerita Menak (cerita-cerita Islam) dipentaskan pula.
Wayang, Oleh para pendahulu negeri Penyanyi Sangat mengandung arti Yang Sangat hearts. Sunan Kali Jaga Dan Raden Patah Sangat berjasa hearts mengembangkan Wayang. Para Wali di Tanah Jawa Sudah mengatur sedemikian rupa Menjadi Tiga Bagian. Pertama Wayang Kulit di Jawa Timur, kedua Wayang Wong ATAU Wayang Orang di Jawa Tengah, Dan Ketiga Wayang Golek di Jawa Barat. Masing masing Sangat bekaitan Satu sama lain. Yaitu "Mana Yang Isi (Wayang Wong) Dan Mana Yang Kulit (Wayang Kulit) Harus dicari (Wayang Golek)".
Jenis-Beroperasi wayang
Wayang Kulit Adalah seni tradisional Indonesia, Yang terutama Berkembang di Jawa dan DI Sebelah timur Semenanjung Malaysia seperti di Kelantan Dan Terengganu. Wayang kulit dimainkan Oleh Seorang dalang Yang also Menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang, DENGAN diiringi Oleh musik gamelan Yang dimainkan sekelompok nayaga Dan tembang Yang dinyanyikan Oleh para pesinden. Dalang memainkan wayang kulit di balik kelir, Yaitu Layar Yang Terbuat Dari kain putih, SEMENTARA di belakangnya disorotkan lampu Listrik ATAU lampu minyak (blencong), sehingga para Penonton Yang berada di Sisi berbaring Dari Layar can be Melihat hal Bayangan wayang Yang Jatuh Ke kelir. Untuk review can be Memahami cerita wayang (lakon), Penonton Harus memiliki Pengetahuan akan tokoh-tokoh wayang Yang bayangannya Tampil di Layar. Beroperasi Umum wayang mengambil cerita Dari naskah Mahabharata Dan Ramayana, tetapi tak dibatasi Hanya DENGAN pakem (standard) tersebut, ki dalang can also memainkan lakon carangan (gubahan). Beberapa cerita diambil Dari cerita Panji. Pertunjukan wayang kulit has Diakui Oleh UNESCO PADA Tanggal 7 November 2003, sebagai karya Kebudayaan Yang mengagumkan hearts Bidang cerita narasi Dan warisan Yang Indah Dan Berharga (Masterpiece of Lisan dan Takbenda Warisan Manusia) .Wayang kulit LEBIH populer digunakan di Jawa Bagian Tengah Dan timur, sedangkan wayang golek LEBIH Sering dimainkan di Jawa Barat.
Wayang Kulit, Mahakarya Seni Pertunjukan Jawa
wayang Purwa
FUNGSI DAN Peran Pagelaran WAYANG PURWA BAGI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI BANGSA
Rupa Dan Bentuk wayang kulit purwa Jawa ditinjau Dari "mazhab" / "ALIRAN" nya.
wayang Madya
wayang Gedog
LEGENDA KEONG EMAS (3 Versi)
Legenda Damar Wulan
Harta Karun Cerita Panji
Wayang Dupara ATAU Wayang Kuluk
wayang Wahyu
wayang Suluh
wayang Kancil
WAYANG Kancil, DIILHAMI CERITA NABI SULAIMAN
Kempalan Tembang Macapat Wayang Kancil
wayang Calonarang
wayang Krucil
Nasib Wayang Krucil Yang terabaikan
wayang Ajen
Wayang Ajen Menyapa Audiens Muda
Wayang Ajen memukau Publik spanyol
wayang Sasak
wayang Sadat
wayang Parwa
wayang Landung
Barong Landung Dan Sejarahnya
wayang Kayu
Wayang Golek / Wayang Thengul (Bojonegoro)
Semar Versi Sunda
wayang Menak
Cerita Wayang Menak: "Menak lare"
Wayang Papak / Wayang Cepak
wayang Klithik
wayang Beber
Wayang Beber Nyaris punah
wayang Orang
Wayang orang disebut also DENGAN Istilah wayang wong (bahasa Jawa) Adalah wayang Yang dimainkan DENGAN using orangutan sebagai tokoh hearts cerita wayang tersebut. Sesuai DENGAN nama di sebutannya, wayang tersebut TIDAK Lagi dipergelarkan DENGAN memainkan boneka-boneka wayang (wayang kulit Yang biasanya Terbuat Dari Bahan kulit kerbau ataupun yang lain), akan tetapi menampilkan Manusia-Manusia sebagai Pengganti boneka-boneka wayang tersebut. Mereka memakai pakaian sama seperti hiasan-hiasan Yang Dipakai PADA wayang kulit. Supaya Bentuk Muka ATAU bangun Muka mereka menyerupai wayang kulit (kalau Dilihat Dari samping), Sering Kali Pemain wayang orang diubah Penyanyi / dihias mukanya DENGAN Tambahan gambar ATAU lukisan.
Wayang Gung (Kalimantan Selatan) Adalah sejenis kesenian wayang orang PADA suku Banjar di Kalimantan Selatan.
wayang Topeng
THE MASK - Pergelaran Topeng Langka Nusantara
wayang Suket
wayang Timplong
wayang Arya
Wayang Cina Dan Potehi
Wayang Cina di Jawa sebagai wujud akulturasi Budaya Dan Perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia
(Bagian 1)
(Bagian 2)
(Bagian 3)
(Bagian 4)
(Bagian 5)
(Bagian 6)
(Bagian 7) Tamat
wayang Gambuh
wayang Parwa
wayang Cupak
wayang Catur
Wayang Catur, Riwayatmu Kini ...
Aki IJA, Pelestari Wayang Catur
wayang Lilingong
Wayang Lilingong, Salah Satu Khazanah Budaya (Sunda) Yang Hilang
Jenis-Beroperasi wayang kulit * Menurut asal daerah adalah ATAU suku
Wayang also ADA Yang using bahasa Melayu Lokal seperti bahasa Betawi, english Palembang Dan bahasa Banjar.
Wayang Jawa Yogyakarta
Wayang Jawa Surakarta
Wayang Kulit Gagrag Banyumasan
Wayang Kulit gagrak Jawa Timuran, Sering disebut Wayak Jekdong (Bunyi musiknya Sering Jekdong)
wayang Bali
Wayang Bali dan Sejarahnya
I Wayan "Cenk Blonk" Nardayana: "Saya Ingin Wayang Jadi Hiburan Favorit"
Wayang Sasak (NTB)
Wayang Kulit Banjar (Kalimantan Selatan)
link
Wayang Palembang (Sumatera Selatan)
Wayang Palembang Nasibmu
Kehilangan Penerus, Wayang Palembang punah
Penghasilan kena pajak Dua Kali Mati Suri, Wayang Palembang Hidup Lagi
Wayang Betawi (Jakarta)
Wayang Cirebon (Jawa Barat)
Wayang Madura (Sudah punah)
Wayang Madura Berkembang di Pamekasan
wayang Siam
No comments:
Post a Comment